7 Fakta Menarik Buzz Lightyear, Ternyata Terinspirasi dari Astronot Sungguhan!

7 Fakta Menarik Buzz Lightyear, Ternyata Terinspirasi dari Astronot Sungguhan!

Teknologi | upstation.asia | Minggu, 26 Juni 2022 - 06:00
share

Meski telah menuai kontroversi dan terancam akan batal tayang di Indonesia, film animasi Lightyear yang menceritakan kisah origin dari karakter Buzz Lightyear memang banyak perhatian.

Buzz Lightyear sendiri merupakan astronot Star Command yang terkenal dari film franchise Toy Story rilisan Disney dan Pixar. Karakter ikonik ini telah disuarakan oleh aktor Chris Evans dalam film solo perdananya yang baru saja tayang pada Jumat (17/06/22) secara global.

Dalam filmnya, penonton juga akan diperlihatkan dengan asal muasal datangnya seorang Buzz Lightyear, dan akan menjadi film yang berbeda dari film-film Toy Story sebelumnya. Nah, dibalik karakter dan tampilannya yang unik, inilah dia 7 fakta menarik Buzz Lightyear yang jarang orang ketahui!

1. Inspirasi Nama Buzz Lightyear

fakta-buzz-lightyear

Untuk kamu yang penasaran dari mana nama Buzz Lightyear diambil, ternyata nama karakter ikonik ini terinspirasi dari seorang astronot Apollo 11, bernama Edwin Buzz Aldrin.

Nah, Edwin Buzz Aldrin sendiri adalah orang yang telah menemani manusia bumi pertama yang mendarat di bulan yakni Neil Armstrong pada tahun 1969. Awalnya, sang produser ingin menamai karakter animasi ini sebagai Luna Larry, namun karena dianggap tidak cocok dan terlalu aneh, maka nama tersebut diubah hingga menemukan ide untuk menggantinya dengan nama Buzz Lightyear.

Sebagai tanda penghormatan kepada manusia kedua yang berjalan di bulan, Buzz Aldrin menerimanya hingga membawa mainan Buzz Lightyear ke salah satu pidatonya di NASA untuk menunjukkan hubungannya dengan karakter animasi tersebut.

2. Musuh Bebuyutan Buzz Lightyear

fakta-buzz-lightyear

Seperti yang kita ketahui dalam film Toy Story , Buzz Lightyear memang memiliki lebih dari satu musuh, seperti Sid Phillips dan Stinky Pete. Namun ternyata, musuh bebuyutan Buzz Lightyear adalah Zurg, atau yang juga dikenal sebagai Evil Emperor Zurg.

Dalam film terbarunya Lightyear , villain ini juga akan kembali muncul dan masih menjadi musuh utama hingga menciptakan pertarungan sengit yang tak terhindarkan.

3. Terpilih Menjadi Nomor 1 dari 20 Karakter Favorit Pixar

fakta-buzz-lightyear

Selain menjadi karakter unik dan ikonik, Buzz Lightyear juga terpilih menjadi salah satu karakter paling populer sepanjang masa. Hal ini tercatat pada tahun 2007, di mana Buzz Lightyear terpilih sebagai karakter Pixar nomor 1 paling favorit sepanjang masa dari 20 karakter teratas oleh pembaca majalah Inggris Empire.

Selain itu, majalah tersebut juga memberinya peringkat ke-94 dalam karakter terhebat sepanjang masa.

4. Pasangan Buzz Lightyear adalah Jessie

fakta-buzz-lightyear

Untuk kamu penggemar setia film Toy Story, pasti udah tau dong saat Buzz Lightyear menunjukan bahwa ia jatuh cinta pada Jessie. Hal ini terlihat jelas sampai akhir film Toy Story 2 dan 4. Jessie sendiri merupakan karakter perempuan yang gemar bertualang yang juga memiliki paras yang cantik dan pemberani.

5. Buzz Lightyear Punya Versi Jahat

fakta-buzz-lightyear

Nah, untuk kamu yang pernah melihat serial animasi Buzz Lightyear of Star Command , maka kamu pasti pernah melihat versi jahat Buzz Lightyear yang tercipta dari alam semesta lain.

Dalam serial animasi tersebut, Buzz Lightyear versi jahat ini dikatakan lebih jahat dan memiliki kepribadian yang lebih buruk dari Evil Emperor Zurg, musuh bebuyutan Buzz Lightyear. Hmm, terbilang mirip dengan konsep multiverse yang ada di MCU, ya?

6. Kutipan To Infinity and Beyond Berasal dari Judul Buku

fakta-buzz-lightyear

Kutipan To Infinity and Beyond yang selalu dilontarkan Buzz Lightyear dengan arti menuju tak terbatas dan melampauinya, merupakan salah satu kutipan paling terkenal sepanjang masa, yang nyatanya berasal dari sebuah buku dengan judul yang sama, karya Eli Maor pada tahun 1991, 4 tahun sebelum perilisan Toy Story pertama kali pada tahun 1995 .

Buku tersebut dikenal telah mengeksplorasi sejarah ketidakterbatasan, yang mungkin menjadi inspirasi dari kutipan Buzz Lightyear.

Selain kutipan tersebut, Buzz Lightyear juga memiliki banyak kutipan terkenal di film Toy Story, dan beberapa kutipannya yang paling dikenal ialah:

Kutipan lainnya yang termasuk kata-kata favoritnya yang terkenal yaitu: to infinity and beyond, I am Buzz Lightyear, I come in peace, dan Buzz Lightyear to the rescue!.

7. Tampil di Berbagai Film Pixar Lainnya

fakta-buzz-lightyear

Tak hanya menjadi karakter setia dalam film Toy Story , Buzz Lightyear juga pernah terlihat muncul dalam beberapa film pendek Pixar. Terlihat saat Buzz muncul pada tahun 2003 dalam film animasi Finding Nemo sebagai salah satu mainan di sebelah kotak mainan pada ruang tunggu dokter gigi.

Selain itu, cameo paling berkesan yang Buzz tampilkan adalah pada film Pixar yang berjudul Hawaiian Vacation serta Small Fry . Kamu sendiri pernah melihat Buzz di sederet film Pixar tersebut?

***

Nah itu dia beberapa fakta menarik dibalik karakter ikonik Buzz Lightyear, jadi wajar saja jika karakter ini memiliki penggemar yang cukup banyak. Menurut kamu adakah fakta Buzz Lightyear lainnya yang belum dibahas di sini? Kamu bisa tulis di kolom komentar, ya!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook:UP Station Indonesia
YouTube:Upstation Media
Twitter:@upstationmedia
Instagram:@upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord:UniPin Official Community

Topik Menarik