Gamer Indonesia Belanjakan Uang Rp29,6 Triliun per Tahun untuk Game

Gamer Indonesia Belanjakan Uang Rp29,6 Triliun per Tahun untuk Game

Teknologi | BuddyKu | Minggu, 26 Juni 2022 - 09:24
share

JAKARTA - Bermain gim (game) telah menjadi tren di masyarakat Indonesia, khususnya kalangan anak muda. Bahkan, berdasarkan hasil riset, total belanja untuk gim mencapai nilai yang fantastis hingga USD 2 miliar per tahunnya atau lebih dari Rp29,6 triliun.

"Hasil kajian analisis dan studi atau risetnya, ternyata di Indonesia ini masyarakat membelanjakan senilai 2 miliar dollar Amerika untuk game per tahun," ungkap Direktur Jenderal (Dirjen) Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag), Oke Nurwan, pasca membuka Festival Gim Indonesia 2022 di Cihampelas Walk, Kota Bandung, dikutip Minggu (26/6/2022).

Dengan nilai belanja gim warga Indonesia yang fantastis itu, lanjut Oke, potensi industri gim lokal di Tanah Air otomastis menjadi sangat besar. Terlebih, kata Oke, dari total belanja sebesar USD 2 miliar tersebut, gim lokal hanya mampu menyerap sekitar USD 2 juta.

"Dan ternyata, dari 2 miliar yang di-expand oleh masyarakat kita, hanya terserap oleh game lokal itu 2 juta dollar, hanya 0,1 persen," sebutnya.

Meski begitu, Oke mengaku berbangga hati karena orientasi pasar produsen gim lokal saat ini, 70 persennya menyasar pasar ekspor.

"Dan jangan salah juga ternyata produk game lokal kita juga, 70 persen orientasinya bukan lokal tapi ekspor, banyak digunakan oleh luar. Sehingga yang 30 persen ini yang diserap di lokal. Jadi kalau hitung-hitungan matematikanya, yang 2 juta Dolar Amerika. 70 persen developer di sini ini menjualnya di ekspor," beber Oke.

Oleh karenanya, lanjut Oke, potensi industri gim di Tanah Air masih sangat besar. Terlebih, industri gim lokal pun telah mengalami perkembangan yang sangat pesat dalam satu dekade terakhir. Bahkan, dalam lima tahun terakhir, grafik perkembangan industri gim lokal melonjak drastis.

Topik Menarik