Shopify Mudahkan Brand Membuka Lapak Jualan Khusus yang Hanya Melayani Pemilik NFT

Shopify Mudahkan Brand Membuka Lapak Jualan Khusus yang Hanya Melayani Pemilik NFT

Teknologi | hybrid.co.id | Jum'at, 24 Juni 2022 - 22:10
share

NFT yang menarik umumnya menawarkan sejumlah utilitas. Salah satu bentuk utilitas yang paling populer biasanya adalah akses ke produk yang sifatnya eksklusif, yang berarti konsumen harus punya NFT-nya terlebih dulu sebelum bisa membeli. Istilah kerennya, kalau menurut platform e-commerce Shopify, adalah tokengated commerce , dan Shopify rupanya ingin lebih banyak pemilik bisnis yang memanfaatkan peluang baru ini.

Tokengated commerce merupakan fitur baru yang dapat dinikmati oleh berbagai brand yang menggunakan Shopify sebagai infrastruktur backend atas lapak dagangan online -nya. Saat diaktifkan, fitur ini pada dasarnya memungkinkan brand untuk membuat lapak baru yang secara khusus melayani para pemilik NFT. Barang yang dijual tentu bisa bermacam-macam, mulai dari merchandise eksklusif, sampai diskon spesial untuk produk-produk yang sudah ada.

Buat konsumen, ini berarti mereka harus menghubungkan crypto wallet dan memverifikasi aset NFT-nya terlebih dulu sebelum bisa mengakses dan berbelanja di lapak baru tersebut. Shopify melihat ini sebagai cara yang efektif bagi brand untuk mengapresiasi konsumen paling loyalnya. Sejauh ini, Shopify sudah menggandeng beberapa mitra seperti Doodles, Adam Bomb Squad, World of Women, Invisible Friends, Superplastic, Stapleverse, dan Cool Cats untuk membuat lapak tokengated -nya masing-masing.

Menariknya, Shopify tidak membatasi fitur tokengated commerce hanya untuk lapak jualan online saja. Kalau mau, pihak merchant juga bisa menerapkan fitur ini di toko fisik mereka dengan mengandalkan mesin POS ( point-of-sale ). Lebih lanjut, Shopify juga membuka kesempatan bagi brand untuk saling berkolaborasi dan memanfaatkan fitur tokengated commerce ini sebagai jembatan penghubungnya.

Untuk mengaktifkan tokengated commerce , semua merchant Shopify sudah bisa melakukannya dengan memanfaatkan plugin pihak ketiga seperti Shopthru atau Single. Sementara untuk membuka lapak tokengated di aplikasi Shop dan toko fisik, Shopify baru membuka pendaftaran buat merchant yang saat ini sudah memiliki koleksi NFT.

Keberadaan fitur baru ini tentu sejalan dengan inisiatif Shopify yang sebelumnya, yang memungkinkan brand untuk berjualan NFT langsung di situsnya masing-masing. Shopify siap menangani mulai dari proses minting NFT sampai pembayarannya, dan sekarang Shopify juga ingin brand mengaktifkan NFT yang dijualnya tersebut dengan membuka lapak tokengated .

Sumber: Decrypt dan Shopify.

Topik Menarik