5 Cara menjauhkan orang tua dari penipuan online, tak perlu repot lagi

5 Cara menjauhkan orang tua dari penipuan online, tak perlu repot lagi

Teknologi | brilio.net | Selasa, 21 Juni 2022 - 19:57
share

Brilio.net - Penipuan online kini makin canggih. Sayangnya, banyak juga yang menyasar orang tua yang tidak tahu apa-apa. Sekalinya orang tua salah klik, uang di rekening bank bisa langsung ludes. Tentunya, ini sangat mengkhawatirkan terutama bagi orang tua yang kurang paham tentang teknologi terutama smartphone.

Beruntung, ada beberapa cara simpel untuk menghindarkan orang tua dari penipuan online. Gampang, kamu bisa dengan mudah mengajarkannya ke orang tuamu di rumah. Semua aspek dari komunikasi hingga aneka fitur rumit di smartphone bisa diatur dengan mudah khusus untuk orang tua.

Nggak perlu repot lagi, berikut cara menjauhkan orang tua dari penipuan online telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Selasa (21/6).

1. Mengaktifkan mode Safe Browsing.

foto: shutterstock.com

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menjauhkan orang tua dari penipuan online yakni dengan mengaktifkan mode Safe Browsing. Dengan memanfaatkan fitur ini, orang tua akan mendapatkan peringatan tentang perangkat lunak perusak, ekstensi berisiko, phishing, atau daftar situs yang berpotensi tidak aman dari Google.

2. Memblokir nomor tidak dikenal di WhatsApp.

foto: shutterstock.com

Fitur komunikasi WhatsApp saat ini juga kerap dimanfaatkan oleh para oknum tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan online. Tentu saja ini menjadi hal yang mengkhawatirkan bagi para orang tua. Salah satu antisipasi yang dapat dilakukan yakni dengan memblokir nomor asing di WhatsApp. Dengan demikian maka orang tua akan lebih aman.

3. Aktifkan fitur Simple Mode.

foto: shutterstock.com

Nah bagi orang tua cara agar terhindar penipuan online melalui smartphone yakni dengan mengaktifkan fitur Simple Mode. Terlebih, pengguna Oppo A16K akan semakin praktis dengan adanya fitur simple mode ini yang dapat membuat tampilan layar terlihat lebih simpel, sehingga mudah digunakan.

Fitur ini cocok digunakan untuk pengguna ponsel yang memiliki keterbatasan dalam mengoperasikan perangkat teknologi dan masalah seputar indera penglihatan. Orang tua juga akan semakin mudah berkomunikasi karena ukuran font bisa dengan mudah diatur sesuai kebutuhan.

foto: Oppo Indonesia

OPPO A16K hadir dengan tiga pilihan warna menarik. Smartphone ini bisa didapatkan dengan warna hitam, putih, dan biru. Desainnya sangat nyaman di mata dengan 3D Sleek Design. Smartphone berbobot 175 gram ini tentunya bikin tangan orang tua tidak mudah lelah.

Smartphone ini juga dibekali dengan sertifikasi IPX4. Alhasil, smartphone ini tahan percikan air dan hujan. Orang tua jadi tak perlu khawatir lagi hujan-hujanan dengan OPPO A16K. Baterainya berkapasitas 4.230 mAh juga membuatnya semakin tahan lama diajak seharian tanpa charger. Masih penasaran dengan smartphone yang satu ini? Yuk klik di sini,

4. Aktifkan fitur Find My Phone

foto: shutterstock.com

Fitur Find My Phone berfungsi untuk melacak dan menemukan posisi ponsel yang hilang. Cara ini efektif diterapkan karena proses dan pengaturan yang cukup mudah. Pemilik dapat menemukan kembali HP dalam waktu singkat, tak sampai 10 menit. Sehingga cara ini juga cukup efektif dilakukan untuk mencegah terjadinya penipuan online bagi orang tua saat smartphone hilang.

5. Pelajari sistem mobile banking pilihan.

foto: shutterstock.com

Penipuan online sering menyasar mobile banking. Orang tua yang tidak paham selak belum bertransaksi online bisa jadi korbannya. Oleh karena itu, pastikan kamu menyempatkan waktu sejenak bersama orang tua untuk mempelajari mobile banking pilihanmu. Pastikan juga jangan pernah memberikan ke siapapun password dan PIN mobile banking ya!

Topik Menarik