Set Top Box untuk TV Digital Mulai Dibagikan ke Keluarga Miskin

Set Top Box untuk TV Digital Mulai Dibagikan ke Keluarga Miskin

Teknologi | uzone.id | Minggu, 12 Juni 2022 - 13:00
share

Uzone.id Pemerintah sudah mulai mengalokasikan bantuan perangkat set top box (STB) kepada keluarga miskin agar bisa menikmati layanan siaran televisi digital.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengajak Kementerian Dalam Negeri dan kepala daerah berkoordinasi untuk menyeragamkan data keluarga miskin agar data penerima STB lebih akurat.

Penyeragaman data pemberian bantuan STB kepada keluarga miskin dibutuhkan dalam rangka untuk menghasilkan fakta berbasis lapangan. Kegiatan yang berbasis Kependudukan Catatan Sipil, komunikasinya dengan para kepala daerah dalam rangka bagaimana memanfaatkan pengalaman serupa dengan sumber arus data yang sama, jelas Johnny belum lama ini saat Rapat Koordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Kepala Daerah.

Johnny mengatakan kalau akurasi penerima bantuan STB akan ditentukan oleh keberadaan data faktual sesuai kondisi di lapangan.

Oleh karena itu, ia mengharapkan kerja sama antara Direktorat Jenderal Penyelenggara Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Kementerian Dalam Negeri dan kepala daerah segera dilakukan.

Agar bisa menghasilkan data yang berbasis fakta lapangan by name, by address secara door-to-door surveinya sehingga kita bisa lebih akurat. Tentu ini nanti akan disandingkan dengan data yang diperoleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial yang betul-betul berkategori miskin sebagaimana yang diamanatkan oleh undang-undang, sambung Johnny.

Dari penjelasan Johnny, kategori keluarga miskin tidak berdasarkan interpretasi masing-masing individu, melainkan mengacu pada amanat Undang-Undang sesuai langkah yang telah dilakukan oleh kementerian lain yang terkait.

Dalam hal ini Kementerian Keuangan dan pemberian bantuan atau perlindungan sosial melalui berbagai sektor kementerian terkait. Hal yang sama, perbedaannya cuma satu kalau kementerian dan lembaga yang terkait dengan perlindungan sosial itu bisa dibantu berdasarkan orang-orangnya, tukas Johnny.

Sejauh ini, menurut Johnny data yang dibutuhkan dalam program bantuan STB adalah hasil identifikasi jumlah siaran televisi swasta dan perangkat televisi dimiliki masyarakat, data kebutuhan masyarakat miskin yang perlu diberikan dan dipasang STB baik oleh pemerintah maupun penyelenggara multiplexing televisi.

Lebih lanjut, pemasangan STB untuk keluarga miskin juga dipertimbangkan atas dasar ketersediaan televisi.

Johnny mengakui, bisa jadi ada keluarga yang sudah memiliki perangkat televisi digital sehingga tidak diperlukan STB lagi.

Hanya kepada yang belum memiliki, dan saya juga mengajak serta penyelenggara multiplexing yang akan menyediakannya, sehingga bisa mendengar dan berkoordinasi secara langsung karena lebih banyak yang akan membaginya, tutup Johnny.

Topik Menarik