Loading...
Loading…
Menkominfo Gandeng Cisco untuk Bersih-bersih Ruang Digital Indonesia

Menkominfo Gandeng Cisco untuk Bersih-bersih Ruang Digital Indonesia

Teknologi | katadata.co.id | Rabu, 25 Mei 2022 - 22:53

Peningkatan teknologi digital juga telah mendorong ekonomi digital tampil sebagai engine baru dari perekonomian. Seiring upaya pemerintah untuk mendorong kemampuan publik dalam menguasai dan menggunakan teknologi digital, KementerianKomunikasi dan Infomatika (Kominfo) juga memperhatikan aspek keamanan terhadap teknologi digital.

Untuk mewujudkannya,Menteri Komunikasi dan Infomatika (Menkominfo) Johnny G. Plate menggandeng Cisco, salah satu perusahaan teknologi raksaksa di Amerika Serikat, untuk berpartisipasi membangun dan memperkuat keamanan teknologi digital di Indonesia.

Keterlibatan Cisco diharapkan dapat menjaga ruang digital tetap bersih, di mana saat ini Indonesia menjadi negara dengan ekonomi digital terbesar di kawasan Asia Tenggara.

"Kemarin bertemu Cisco membicarakan tentang bagaimana cyber security khususnya technology security agar menjaga ruang digital tetap bersih, apalagi di Indonesia banyak illegal fintech , kebocoran data, dan hoaks, kata Plate di sela-sela pertemuan World Economy Forum (WEF) di Davos, Swiss Rabu (25/5).

Menurutnya,keamanan di dunia siber menjadi pekerjaan rumah Kominfo, dalam rangka mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi digital di Indonesia. Cisco juga dia nilai memiliki komitmen untuk membantu pemerintah Indonesia menyiapkan teknologi yang tepat, untukmembersihkan ruang digital.

Baca Juga :
Cegah Kejahatan Siber di Indonesia, Kominfo Gandeng Raksasa Teknologi Amerika

Bersama-sama kita akan merumuskan pilihan teknologi yang tepat, khususnya berkaitan dengan fisik. Jangan sampai nanti ruang digital kita kotor, katanya.

WEF Annual Meeting merupakan konferensi tingkat tinggi yang melibatkan beberapa kepala negara, pimpinan perusahaan global, pemimpin organisasi politik, serta penemu di bidang sains dan kebudayaan dari 90 negara.

Dalam kunjungannya di Davos, Plate sebelumnya juga melakukan beberapa pertemuan bilateral dengan beberapa petinggi perusahaan teknologi. Dari President Google Asia Pacific, Scott Beaumont; Presiden Qualcomm, Alex Roger; Presiden Traveloka, Caesar Indra; hinggaVice President Cisco, Jonathan Davidson.

Sebelumnya, isu keamanan siber juga menjadi topik yang diangkat Menkominfo pada pertemuan kedua Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economic Working Group (DEWG) dalam presidensi G20 Indonesia 2022 di Yogyakarta.

Isu ini menjadi penting karena keamanan digital menjadi kunci untuk mendukung komunitas bisnis DEWG G20. Selain itu, keamanan siber menjadi tantangan utama transformasi digital di setiap negara. "Khususnya, bagi pelaku ekonomi yang terdigitalisasi," kata Plate Rabu (18/5) pekan lalu.

Baca Juga :
Duh, Hoax Vaksin COVID-19 Masih Merajalela di Media Sosial

Berdasarkan situs patrolisiber.id, terdapat 15.152 aduan kejahatan siber yang dilaporkan melalui portal Patrolisiber sepanjang Januari - September 2021. Total kerugian mencapai Rp 3,88 triliun.

Original Source

Topik Menarik

{