Samsung Siapkan Jaringan 6G Berkecepatan 1 Tbps

Samsung Siapkan Jaringan 6G Berkecepatan 1 Tbps

Teknologi | sindonews | Sabtu, 14 Mei 2022 - 07:30
share

SEOUL - Samsung baru aja meluncurkan makalah terbaru yang berisi rencana untuk standar jaringan internet generasi terbaru, 6G. Makalah tersebut berjudul "6G Spectrum: Expanding the Frontier."

Dalam makalah, Wakil Presiden Eksekutif Samsung dan Kepala Pusat Penelitian Komunikasi, Sunghyun Choi, mengatakan bahwa pihaknya sudah lama mengembangkan jaringan internet super cepat 6G.

Ia pun berjanji untuk membagikan hasil pengembangan jaringan internet 6G guna memberikan pengalaman internet dengan kecepatan yang belum ada sebelumnya untuk membantu kehidupan.

"Kami telah memulai perjalanan kami sejak lama untuk memahami, mengembangkan, dan menstandarisasi teknologi komunikasi 6G," kata Sunghyun, dikutip dari Gizmochina, Jumat (13/5/2022).

"Kami berkomitmen untuk memimpin dan membagikan temuan kami untuk menyebarkan visi kami untuk menghadirkan pengalaman hyper connected berikutnya ke setiap sudut kehidupan," tambahnya.

Lebih lanjut makalah mengungkap bahwa jaringan 6G akan menawarkan kecepatan internet hingga 1 Terabit per detik (Tbps). Ini 50 kali lipat lebih cepat daripada jaringan 5G yang hanya menawarkan 20Gbps.

Samsung mengklaim selama pengujian yang berlangsung pada Juni 2021, jaringan 6G berhasil menunjukkan kecepatan data 6Gbps pada jarak 15 meter di dalam ruangan. Pada jarak 30 meter, kecepatannya mencapai 12Gbps.

Bahkan pada jarak 120 meter, kecepatan datanya masih mencapai 2,3Gbps. Samsung menyebut jaringan internet yang dikembangkannya ini membutuhkan spektrum dengan bandwidth ultra wideband yang berkisar dari ratusan MHz hingga puluhan GHz.

Ini akan memungkinkan hologram seluler fidelitas tinggi dan juga extended reality (XR) yang benar-benar imersif. Samsung berencana untuk membagikan lebih banyak detail dan temuan penelitian 6G- nya di masa depan juga, jadi nantikan pembaruan lainnya.

Topik Menarik