Loading...
Loading…
Fitur Baru YouTube untuk Memberi Hadiah Bagi yang Berlangganan

Fitur Baru YouTube untuk Memberi Hadiah Bagi yang Berlangganan

Teknologi | technologue.id | Jumat, 13 Mei 2022 - 09:00

Technologue.id , Jakarta Platform YouTube telah memulai pengujian beta untuk fitur terbarunya. Fitur baru itu disebut Membership Gifting yang hanya akan tersedia untuk saluran tertentu. Selain itu, fitur baru tersebut juga merupakan upaya YouTube untuk menyaingi Twitchs Gifted Subs.

Memberships Gifting ini memungkinkan pengguna untuk mendukung pembuat konten favorit mereka dengan membeli sejumlah langganan saluran (5,10, atau 20) dalam satu transaksi selama streaming berlangsung, yang kemudian akan diberikan YouTube kepada pemirsa lain.

Fitur baru ini menggunakan bagi hasil standar 70/30 (Kreator/YouTube), di mana bagi hasil dihitung setelah pajak penjualan.

Jadi, dengan membeli langganan saluran, Anda membantu pembuat konten, dan pada saat yang bersama pula, Anda telah memberi seseorang kesempatan untuk mendapatkan akses gratis ke konten eksklusif selama satu bulan.

Namun, perlu diingat, bahwa tidak semua orang dapat menerima keanggotaan ini. Hal tersebut telah dikatakan oleh YouTube dalam postingan blog. Anggota saluran yang ada tidak bisa mendapatkan hadiah seperti itu.

Platform ingin berbagi cinta dengan calon anggota saluran baru. Artinya, YouTube ingin memberikan akses ke konten khusus kepada lebih banyak orang.

Baca Juga :
Cuma Rp7.700 Per Bulan, IMBeats Indosat Ooredoo Ingin Saingi Joox dan Spotify

Dengan cara ini, diharapkan dapat mendorong mereka untuk mendukung pembuat konten favorit mereka dengan menjadi anggota berbayar di masa mendatang.

Apabila terdapat anggota yang sudah ada ingin membeli langganan hadiah, mereka hanya perlu mengklik tombol $ di sebelah live chat selama live stream.

Saat seseorang melakukan pembelian, YouTube akan menampilkan pesan dalam diskusi bahwa pengguna telah membeli keanggotaan gratis, dan pemirsa lain harus mengeklik tombol Izinkan Hadiah untuk ikut serta.

Kemudian, YouTube akan mendistribusikan keanggotaan berdasarkan seberapa banyak pengguna individu telah berinteraksi dengan saluran tersebut.

Platform tersebut menjelaskan bahwa pemirsa setia yang selalu menonton dan berinteraksi dengan konten akan memiliki peluang lebih besar untuk menerima hadiah.

YouTube tidak menjelaskan apa yang dimaksud dengan berinteraksi dengan konten, tetapi kami menganggap bahwa algoritme memutuskan berdasarkan apakah pengguna telah bereaksi terhadap video yang diunggah dan apakah mereka memiliki partisipasi aktif di bagian komentar dan obrolan.

Baca Juga :
YouTube Akhirnya Hadirkan Fitur 'Picture-In-Picture' di iOS 15

Bagi yang terpilih menerima pesan obrolan langsung pribadi dan email, memberi tahu mereka bahwa mereka telah memenangkan keanggotaan gratis.

Fitur Memberships Gifting di YouTube saat ini tidak tersedia di versi seluler. Akan tetapi, mungkin akan berubah di masa mendatang. Jadi, jika Anda adalah anggota lama yang ingin mendukung pembuat konten yang memenuhi syarat, Anda harus menggunakan platform versi Web.

Apablia Anda adalah seorang kreator yang ingin mengaktifkan Memberships Gifting di saluran Anda, Anda harus mengisi formulir Google ini, dan YouTube akan memberi tahu Anda apakah Anda memenuhi syarat atau tidak.

Original Source

Topik Menarik

{