Apa Sebenarnya Mata ketiga (Third Eye) di Dahi Doctor Strange?

Apa Sebenarnya Mata ketiga (Third Eye) di Dahi Doctor Strange?

Teknologi | upstation.asia | Kamis, 12 Mei 2022 - 11:00
share

Doctor Strange in the Multiverse of Madness telah memberikan kejutan menarik menyangkut perkembangan karakter dari Stephen Strange.

Salah satunya adalah pertemuan Doctor Strange utama dengan Sinister Strange,variannya yang memiliki mata ketiga ( Third Eye ). Bahkan di akhir filmnya, Doctor Strange mendapatkan fitur yang sama.

Pertanyaannya sekarang, mengapa Doctor Strange bisa mendapatkan mata ketiga yang sama dengan variannya? Apa sebenarnya kemampuan dari mata tersebut? Apa sebenarnya ThirdEye ini?

Spekulasi Utama Third Eye di dahi Doctor Strange MCU

Third Eye Doctor Strange 1

Terlepas dari review yang beragam, Doctor Strange 2 bisa dikatakan berhasil dalam menampilkan unsur horor pertama garapan MCU. Filmnya telah menyajikan berbagai hal yang cukup menyeramkan dan lebih brutal dari film MCU lain pada umumnya.

Nah, Third Eye milik Sinister Strange (kemudian Doctor Strange utama) adalah salah satu hal dari hal menyeramkan tersebut.

Sekarang, banyak yang berusaha untuk memahami asal-usul dari mata ini dan juga kegunaannya bagi Doctor Strange utama MCU. Seperti yang kita sudah saksikan, pada adegan terakhir sebelum memasuki credit scene filmnya, Doctor Strange terlihat telah move on dari seluruh kesedihannya dan memulai chapter baru hidupnya.

Ia berjalan keluar dari Sanctum Sanctorum tempatnya berdiam dalam pakaian casual . Itu terlihat seperti akhir yang cukup baik. Namun, MCU kembali mengejutkan penggemarnya ketika itu diakhiri dengan sebuah cliffhanger , di mana Doctor Strange membuka Third Eye di dahinya seperti variannya yang ia temui di filmnya.

Sayang, filmnya tidak pernah menjelaskan apa pun mengenai mata ketiga itu dan dari mana asalnya. Namun, tampaknya MCU ingin mengaitkan kemunculan mata aneh ini dengan kitab Darkhold. Itu ada hubungannya dengan Sinister Strange sebagai orang pertama yang terlihat memilikinya dan kebetulan memang pengguna Darkhold.

Belum sempat menjelaskan faktanya, varian ini sudah keburu mati setelah bertarung dengan Stephen Strange dari bumi utama MCU. Dalam hal itu, Third Eye ini kemungkinan besar adalah salah satu efek yang terjadi ketika master of the mystic arts telah menggunakan kitab Darkhold.

Darkhold sendiri terbuat dari energi gelap Dark Dimension, yang merupakan dimensi sama yang dihuni oleh Dormammu. Intinya, itu adalah sebuah artefak jahat yang memiliki kekuatan gelap yang sangat besar. Wanda yang menjadi jahat di film ini adalah bukti konkret dari efek buruk yang dihasilkan kitab kegelapan tersebut.

Nah, berhubung Strange juga terpaksa untuk menggunakan kitab terkutuk itu menjelang puncak filmnya, akhirnya itu membangunkan mata ketiga ini. Namun, sekali lagi itu tidak pernah dijelaskan secara detail oleh filmnya.

Sekarang, mari kita bandingkan dengan fakta orisinalnya di Marvel Comics. Yuk, simak sedikit sejarah dari Third Eye milik Doctor Strange tersebut!

Third Eye Doctor Strange di Komik adalah Eye of Agamotto!

2155DC3B-29F7-4780-BF39-FC2C9A39A34D

Dalam buku komik, mata ketiga ini hanya muncul di dahi Doctor Strange ketika ia menggunakan Eye of Agamotto. Yup , itu adalah amulet yang selalu terlihat menggantung di lehernya. Ini adalah efek sementara sebagai hasil dari penggunaan artefak gaib ini.

Menurut lore utama Marvel Comics, Eye of Agamotto sendiri merupakan salah satu artefak terkuat Doctor Strange yang diciptakan oleh Agamotto, salah satu dari tiga makhluk supernatural yang dikenal dengan nama Vishanti. Tidak asing? Tentu saja, karena Doctor Strange 2 telah menyebutkan nama itu ketika memperkenalkan Book of Vishanti.

Sesuai lore -nya, segala artefak yang berhubungan dengan Vishanti adalah benda gaib yang penuh dengan kebaikan dan hanya dapat digunakan untuk tujuan yang baik. Itu tidak akan merespon perintah pengguna yang jahat ataupun mendukung energi jahat. Doctor Strange 2 pun menganggap Book of Vishanti sebagai anti-thesis untuk Darkhold yang jahat.

Nah, hal inilah yang membuatnya berkontradiksi di MCU. Seperti yang sudah disebutkan di awal artikel, third eye yang muncul di dahi Doctor Strange versi filmnya tampak disebabkan oleh Darkhold. Itu jauh berbeda dari fakta orisinal buku komiknya. Maka dari itu, banyak penggemar berat Doctor Strange yang membenci ide MCU ini.

Namun, bila itu memang Eye of Agamotto, maka Strange akan memiliki beberapa kemampuan yang sangat menarik, seperti: Memutar kembali sebuah kejadian yang baru terjadi (dan menyaksikannya kembali), meneropong roh (jiwa) seseorang, dan mendapatkan kebenaran yang ia inginkan.

Ia juga akan memiliki kemampuan sihir untuk membongkar segala tipu muslihat dan ilusi, serta melacak keberadaan makhluk-makhluk gaib baik itu secara fisik maupun roh.

Kesimpulan

Third Eye Doctor Strange 3

Menurut UP Station, kemungkinan besar MCU telah salah melangkah dari awal. Terutama ketika mereka menjadikan amulet Eye of Agamotto sebagai rumah bagi Time Stone yang dicari Thanos. Amuletnya telah tiada sejak akhir Infinity War dan MCU tampak berusaha untuk membangunnya kembali di No Way Home dan Multiverse of Madness .

Sayangnya, berhubung MCU menjelaskan dari semula bahwa kekuatan Eye of Agamotto itu sendiri bersumber dari Time Stone, maka amulet yang dikenakannya sekarang hanyalah pajangan semata. Kalaupun MCU akan mengklaim kalau itu artefak palsu, bagaimana mereka akan memperkenalkan Eye of Agamotto di kemudian hari?

Doctor Strange yang sekarang saja telah mendapatkan mata ketiganya. Itu akan menjadi plot holes di film berikutnya. Bayangkan, belum juga dibuat tapi sudah menimbulkan plot holes .Di sisi lain, itu bisa juga bukan Eye of Agamotto seperti yang sudah kita panjang lebar bicarakan.

Mengingat MCU sangat senang menampilkan sesuatu yang baru di luar kanon Marvel Comics, ada juga kemungkinan bahwa Doctor Strange versinya mendapatkan kekuatan yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Salah satu faktor pendukung yang memperkuat hal tersebut adalah fakta bahwa Third Eye yang ditunjukkan MCU sejauh ini terlihat tertanam di dahi Strange dan permanen.

Itu berbeda dengan fitur dari Eye of Agamotto orisinal. Matanya pun terlihat merespons ketika Cleamembuka portal dimensi ke Dark Dimension pada mid-credit scene filmnya.Jadi, MCU sepertinya kokoh untuk menyambut ide kalau mata itu memang berhubungan dengan Dark Dimension, tempat Darkhold dibuat.

Sayangnya, itu sangat berbeda dari Marvel Comics dan penulis rasa akan ada banyak penggemar veteran yang kecewa karenanya. Sekarang, kita hanya bisa menunggu penampilan Strange berikutnya. Mungkin ketika kita melihatnya kembali ia akan tampil menggunakan Dark Magic , yang pastinya akan membuat banyak pemirsanya tercengang!

***

Itu dia penjelasan paling logis mengenai Third Eye yang diperkenalkan pada Doctor Strange 2 yang cukup menarik. Banyak hal yang masih terasa janggal pada filmnya kali ini. Sepertinya MCU harus berusaha lebih keras pada fase berikutnya. Bagaimana menurut kamu?


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik