7 Andalan Baru Google, Mulai Pixel 7 hingga Bangkitnya Google Glass!

7 Andalan Baru Google, Mulai Pixel 7 hingga Bangkitnya Google Glass!

Teknologi | upstation.asia | Kamis, 12 Mei 2022 - 10:30
share

Google baru saja mengguncang dunia smartphone lewat event Google IO 2022 dengan menghadirkan banyak inovasi serta lini baru yang akan diandalkan oleh perusahaan teknologi raksasa tersebut di tahun 2022 ini, dan tentu saja Pixel 7 menjadi yang paling ditunggu.

Tak hanya memamerkan Android 13 yang pastinya akan digunakan oleh seluruh smartphone baru di kuartal 3 2022, Google juga memperkenalkan lini terbaru dari Google Pixel, yakni Google Pixel 7 Series.

Akan tetapi, kejutan yang paling menarik tentu saja keputusan Google untuk terjun ke dunia Internet of Things (IoT) dengan menelurkan produk baru berupa Google Pixel Watch, Pixel Buds Pro, serta membangkitkan kembali Google Glass yang menjadi bahan cemoohan beberapa tahun yang lalu.

Apa saja andalan baru Google untuk menyambut persaingan ketat di dunia teknologi? Ini dia daftarnya!

1. Android 13

android 13
sumber: Google IO 2022

Operating System (OS) terbaru dari Google ini sejatinya sudah memasuki tahap Public Beta untuk pengguna ponsel Google Pixel 6 ke bawahnya. Namun, lewat IO 2022, Google memastikan bahwa Android 13 telah mendapatkan beberapa penyempurnaan, seperti peningkatan Material You hingga kembalinya Google Wallet.

Demi menyaingi iOS 16 milik Apple yang diperkirakan rilis bulan Juni 2022 ini, Google mengabulkan keinginan user Android dengan menghadirkan beberapa fitur yang mirip dengan iOS. Tentu saja ini adalah kabar baik (sekaligus kabar buruk) bagi pengguna Android lama maupun pengguna iPhone yang ingin membelot ke ponsel Android.

2. Google Pixel 6a

Google pixel 6a
sumber: Google IO 2022

Google mengumumkan smartphone baru pertamanya di tahun 2022 ini, dengan memperkenalkan Google Pixel 6a sebagai versi lite dari Google Pixel 6 Series yang rilis tahun 2021 lalu.

Tentu saja Google Pixel 6a dimaksudkan untuk menyaingi iPhone SE 3 milik Apple yang dirilis Maret 2022 kemarin. Mengandalkan kamera 12MP yang setara dengan versi kakaknya, ponsel ini dibanderol dengan harga 449 USD (setara 6,5 juta rupiah) dan mulai tersedia pada 21 Juli 2022 .

3. Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro

Google Pixel 7 Series
sumber: Google IO 2022

Tentu saja Google Pixel 7 dan Pixel 7 Pro adalah pengumuman yang paling mengejutkan di ajang Google IO 2022. Bagaimana tidak, Google jadi yang pertama mempublikasikan desain terbaru dari Pixel 7 Series sebelum para leaker melakukannya. Sesuatu yang jarang terjadi di dunia smartphone .

Pixel 7 dan 7 Pro akan hadir dengan balutan desain baja tahan karat yang diperbarui dengan tampilan kamera belakang yang lebih segar. Untuk jumlah kamera, Pixel 7 Pro akan memiliki 3 kamera, sedangkan Pixel 7 hanya dibekali dua kamera. Belum ada bocoran lebih mengenai spesifikasi lengkap seri ini.

Did you catch that pop of color?#Pixel7 will come in:
Obsidian
Snow
Lemongrass

And #Pixel7 Pro comes in:
Obsidian
Snow
Hazel#GoogleIO pic.twitter.com/cnV7OVCJ6T

Made By Google (@madebygoogle) May 11, 2022

Warna untuk setiap model juga telah dikonfirmasi, dengan warna unik untuk setiap model Pixel 7, di samping warna abu-abu dan perak yang sudah menjadi standar ponsel ini.

4. Google Pixel Tablet

Pixel Tab
sumber: Google IO 2022

Google akhirnya kembali meramaikan pasar Tablet setelah mengumumkan Pixel Tab pertama mereka yang difokuskan untuk memaksimalkan penggunaan 20 aplikasi Google untuk Tablet saat Android 13 tiba.

Sayangnya, belum ada bocoran mengenai spesifikasi yang akan dibawa oleh Google Pixel Tab, sama seperti Pixel 7 Series. Yang jelas, tablet yang satu ini akan ditenagai oleh chipset Google Tensor, sama seperti Pixel 6 Series.

Kabar buruknya, debut pertama tablet milik Google sejak memutuskan mundur pada tahun 2019 ini baru akan hadir di pasaran pada tahun 2023 mendatang. Kita harus menunggu satu tahun lagi sebelum mengetahui apa yang spesial dari Google Tab ini.

Google Pixel Tab akan menjadi pesaing baru di dunia tablet yang saat ini masih dikuasai oleh 2 raksasa smartphone , yakni Samsung dengan Galaxy Tab dan Apple dengan iPad-nya.

5. Google Pixel Watch yang Terintergrasi Fitbit

Google Pixel Watch
sumber: Google IO 2022

Setelah resmi mengakuisisi Fitbit, Google akhirnya merilis Pixel Watch pertamanya yang akan langsung terintergrasi dengan aplikasi Fitbit yang sudah malang melintang di teknologi Wearable.

Jam pintar Google ini akan menjadi pasangan yang tepat untuk Wear OS 3 terbaru yang selama ini belum mendapatkan rumah yang tepat. Dengan desain bulat nan elegan, Google mengonfirmasi bahwa Google Pixel Watch akan hadir bersamaan dengan Pixel 7 Series sekaligus membuka koneksi IoT pertama milik perusahaan tersebut.

6. Pixel Buds Pro

Pixel Buds Pro
sumber: Google IO 2022

Tak ingin kalah dengan Apple, Google merilis Pixel Buds Pro yang diklaim memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan AirPord Pro. Mulai dari fitur noise-cancelling hingga dukungan audio spasial, Google Pixel Buds Pro bisa saja membuatmu berpaling dari AirPods milik Apple.

7. Google Glass

Google Glass
sumber: Google IO 2022

Satu lagi pengumuman yang sama sekali tak diduga oleh siapapun adalah bangkitnya kembali Google Glass . Ya, Google Glass dengan AR telah dalam pengembangan dan diumumkan melalui Google IO 2022 ini.

Karena masih tahap pengembangan, tentu saja belum ada spesifikasi hingga harga yang dipatok untuk produk ini. Yang jelas, Google Glass terbaru memiliki fitur penerjemah langsung selama percakapan yang terlihat menjanjikan dan, tentu saja, memiliki bentuk yang lebih menyerupai kacamata dibandingkan pendahulunya.

Kita harus menurunkan ekspektasi sejenak karena mungkin saja Google Glass baru akan hadir beberapa tahun lagi. Namun, setidaknya kita telah diberi gambaran tentang bagaimana kacamata AR dapat masuk ke dalam kehidupan kita sehari-hari di masa depan nanti.

***

Itulah seluruh produk baru yang telah dipersiapkan Google untuk menghadapi kerasnya dunia smartphone dan IoT di masa depan nanti. Apakah seluruh produk di atas akan masuk ke Indonesia secara resmi? Well , mari kita doakan saja.


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook :UP Station Indonesia
YouTube :Upstation Media
Twitter :@Upstationmedia
Instagram :@upstation.media

YukgabungdigrupDiscord kami!
Discord :UniPin Official Community

Topik Menarik