Play-To-Earn, Cara Seru Raup Kripto dari Main Game Online

Play-To-Earn, Cara Seru Raup Kripto dari Main Game Online

Teknologi | technologue.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 13:00
share

Technologue.id , Jakarta Dewasa ini, model game online kian berkembang. Kalau dulu pemain harus bayar sejumlah uang biat bisa main game dengan bagus ( pay-to-play ), kini muncul cara baru bernama play-to-earn (main biar untung).

Sesuai istilahnya, game play-to-earn adalah saat pemain bisa dapatkan uang dengan main game . Ada dua hal yang dilakukan pada tren ini, yakni hiburan dan hasilkan uang.

Tren ini padukan model bisnis yang bekerja pada teknologi Blockchain . Jadi, para pemain punya kesempatan meraup kripto setelah main game tersebut.

Pemain bakal dapatkan aset di game. Bentuknya bisa apa saja, seperti skin ataupun cryptocurrency tertentu. Semakin banyak pemain yang main game itu, aset yang dikumpulkan juga bertambah banyak dan lebih berharga.

Sebenarnya pada game tradisional, pemain pun bisa dapatkan aset. Namun perbedaannya, aset tersebut cuma berguna di game yang dimainkan. Sedangkan pada play-to-earn atau game crypto , aset bakal bernilai di dunia nyata. Para pemain bisa kirimkan asetnya pada dunia nyata dan jual buat jadi kripto atau uang nyata dengan syarat tersendiri.

Perbedaan lain dengan game tradisional, game ini terdesentralisasi. Jadi, tidak bakal ada yang bisa kontrol game dari pusat dayanya, termasuk deve loper sendiri. Game kripto ini bakal berikan rewar d buat para pemain yang ikutan di berbagai kegiatan di gam e . Mulai dari tugas, kontes, atau aktivitas lain di game . Ada dua metode utama yang bisa dilakukan developer, yaitu sebagai berikut.

1. Cryptocurrency Asli

Salah satunya deve loper bisa bikin kripto asli game dalam bentuk token. Caranya dengan bikin proyek Blockchain , mendesain token, lalu menutup kesepakatan dengan smart contract .

Token itu bakal seperti mata uang di game umumnya. Namun, bakal punya nilai juga di dunia nyata. Contohnya, seperti game blockchain Axie Infinity, pemain bisa temukan dua cryptocurrency asli di game ini, yaitu SLP dan AXS.

Seperti kripto pada umumnya, keduanya juga punya nilai yang bisa naik dan turun. Termasuk juga bisa dijual ke pemain lainnya dan terima pembayaran.

2. Cryptocurrency yang Ada

Pendekatan lain adalah pakai kripto yang sudah ada sebelumnya, bisa berupa Bitcoin, Ethereum, Dogecoin, ataupun Cardano. Banyak game juga berbasis kripto yang dipakai, seperti Bitcoin Tycoon dan Bitcoin Pop atau menambahkan istilah crypto , yakni CryptoKitties dan Crypto Dragons.

Daftar Game Play-to-Earn

Ada banyak gam e play-to-earn saat ini. Beberapa diantaranya juga lumayan populer di kalangan para pemain game . Berikut beberapa diantaranya.

Topik Menarik