9 Plot Holes Ini Membuat Doctor Strange 2 Janggal, Sadarkah Kamu?

9 Plot Holes Ini Membuat Doctor Strange 2 Janggal, Sadarkah Kamu?

Teknologi | upstation.asia | Rabu, 11 Mei 2022 - 05:00
share

Doctor Strange 2 in the Multiverse of Madness akhirnya telah tayang dan itucukup sukses lebih dari yang diperkirakan. Kisahnya telah membuka berbagai lubang dimensi dan memberi banyak peluang serta potensi baru bagi MCU. Namun, bukan lubang itu saja yang disajikan Doctor Strange 2, melainkan lubang plot ( plot holes ) juga.

Meskipun plotnya secara menyeluruh terlihat cukup solid , tampaknya ada cukup banyak momen yang menimbulkan pertanyaan besar ketika kita memikirkannya sedikit lebih dalam.

Di bawah ini adalah beberapa plot holes dalam Doctor Strange 2 , yang akan membuat kamu garuk-garuk kepala. Ada apa saja?

Doctor Strange Masih Memiliki Amulet Eye of Agamotto

Plot holes Doctor Strange 5

Eye of Agamotto merupakan salah satu artefak yang mendefinisikan Doctor Strange. Dalam MCU, amulet ini menjadi wadah bagi Time Stone, salah satu dari Infinity Stone. Namun, Strange menyerahkan batu tersebut kepada Thanos pada Infinity War dan seharusnya itu menjadi akhir dari kekuatan amulet ini.

Nah, anehnya Strange masih mengenakannnya di Multiverse of Madness . Bahkan ia sempat menggunakannya ketika berusaha membuka pintu rahasia di Earth-838 untuk menuju artefak lainnya, Book of Vishanti. Pertanyaannya, bagaimana bisa amulet ini kembali ada secara tiba-tiba?

Penjelasan sederhananya, Strange mungkin membangunnya kembali. Tentunya tanpa kekuatan besar yang dimilikinya ketika didiami Time Stone. Kemungkinan, ini lebih berperan sebagai pengingat simbolis atas apa yang pernah dilakukan Strange di masa lalu.

Mata Ketiga Doctor Strange Disebabkan Kitab Darkhold?

Plot holes Doctor Strange 4

Penggemar Doctor Strange veteran pasti paham plot holes berikut ini. Masih menyangkut tentang Eye of Agamotto, MCU telah memperkenalkan mata ketiga Doctor Strange yang ikonik. Nah, cara MCU memunculkan mata ketiga ini berkontradiksi dengan asal-usul orisinalnya.

Untuk kamu yang belum tahu, Doctor Strange seharusnya mendapatkan mata ketiga ini berkat amulet Eye of Agamotto yang berkekuatan besar. Namun, berhubung amulet versi MCU-nya digambarkan tidak lagi kuat karena kehilangan Time Stone, bagaimana bisa Doctor Strange mendapatkan mata ketiganya?

Sepertinya, MCU dengan mudah kembali merombak asal-usul sesuatu dari Marvel Comics sesukanya mereka. Pasti banyak dari kamu yang meyakini bahwa kitab Darkhold-lah yang bertanggung jawab memberi mata ketiga pada Strange di akhir sekuelnya ini. Ketahuilah, itu sangat jauh dari sejarah orisinal karakter tersebut.

Wanda Melupakan Semua Pelajaran dari Akhir WandaVision

Plot holes Doctor Strange Wanda Lupa WandaVision

Event Westview Anomaly dalam WandaVision adalah mengenai belajar menghadapi kesedihannya tanpa mengacaukan kehidupan banyak orang. Di akhir serial tersebut, Wanda tampak telah menerima kenyataan dan bisa merelakan Hex Vision serta anak-anak imajinernya.

Namun, ketika kita menjumpainya di Multiverse of Madness, sepertinya ia seolah-olah telah melupakan semua yang pernah diperbuat ataupun dipelajarinya di Westview. Tekad satu-satunya di film ini adalah untuk bisa hidup bersama putra-putranya yang telah lenyap dan bersedia untuk melakukan apa pun untuk mendapatkannya.

Dalam prosesnya, Wanda telah melenyapkan berbagai manusia dan menghancurkan semua yang menghalangi jalannya. Memang, korupsi Darkhold bisa menjadi penjelasannya, tetapi itu terlalu mengecewakan dari segi pengembangan karakter Wanda.

Strange Ingat Mengenai Spider-Man

Plot holes Doctor Strange 7 Spider-Man

Di awal pertemuannya dengan America Chavez, Strange menyebutkan bahwa ia mengalami multiverse pertama kali bersama Spider-Man, mengisayaratkan peristiwadi No Way Home . Ini sudah langsung berkontradiksi dengan apa yang menjelaskan akhir dari film yang sangat sukses itu.

Kita tahu bahwa semua yang mengetahui identitas Peter Parker sebagai Spider-Man telah dihapus ingatannya. Itu termasuk Strange sendiri. Fakta bahwa Master of Mystic Arts ini ingat akan kerja samanya dengan Spider-Man, tetapi tidak mengingat identitas Peter Parker, menimbulkan banyak pertanyaan.

Mengapa Strange dapat berpikir bahwa ia membantu Spider-Man mengatasi masalah multiversal ? Seberapa banyak dari petualangan itu yang ia ingat? Lalu, bagaimana Strange memahami tentang selesainya masalah itu, bila ia sendiri melupakan alasan utama mengapa multiverse menjadi retak?

Juga, jika ia menyadari banyaknya lubang pada ingatannya, mengapa ia tidak penasaran dengan informasi tersebut?

Ke Mana Time Variant Authority (TVA)?

Plot holes Doctor Strange 8 TVA

Pertama kali diperkenalkan pada serial Loki , TVA seharusnya mengawasi kejahatan multiversal . Bahkan di dunia setelah musim pertama Loki berakhir, yaitu dunia di mana Sacred Timeline telah terpecah, TVA seharusnya masih ada (sekalipun mereka tidak ingat banyak tentang apa yang terjadi di serial Loki atau siapa Loki itu sendiri).

Dengan berbagai perpindahan multiverse dan ancaman terhadap realitas itu sendiri, tidakah seharusnya TVA terlibat dalam Multiverse of Madness ? Maksudnya, peran mereka akan lebih relevan daripada para cameo yang terbunuh secara konyol di film tersebut!

Mereka juga tidak pernah muncul di No Way Home . Jadi, apa sebenarnya guna organisasi tersebut jika bukan untuk menghadapi masalah seperti ini?

Tidak Ada Perkenalan Jelas Bagi Reed Richards, Black Bolt, dan Professor X

Plot holes Doctor Strange 1

Ketika Illuminati diperkenalkan pada Multiverse of Madness, hanya Mordo, Captain Carter, dan Captain Marvel saja yang jelas identitasnya. Sementara Black Bolt, Reed Richards, dan Professor X adalah karakter yang baru pertama kali muncul dalam MCU. Mengapa Doctor Strange tidak tertarik untuk mengenal mereka?

Padahal, kalau Strange berusaha untuk mengenal mereka, ia dapat berupaya untuk menemukan versi alternatif ketiganya di Earth-616. Mungkin itu akan meningkatkan peluangnya melawan Scarlet Witch, sekaligus menjadi peluang untuk memperkenalkan Fantastic Four, Mutants, dan Inhumans untuk pertama kalinya.

Bumi MCU Tiba-tiba Disebut Earth-616

Plot holes Doctor Strange 6

Christine Palmer Earth-838 di film ini mengatakan bahwa bumi MCU adalah Earth-616. Yup , itu langsung menimbulkan perang besar dikalangan penggemar Marvel Comics. Sejak kapan bumi MCU menjadi universe utama yang mendefinisikan Marvel Comics?

Ini adalah kedua kali MCU menyebut buminya sebagai Earth-616, dengan yang pertama disebutkan oleh Mysterio pada Spider-Man: Far From Home . Untuk kamu yang kurang memahaminya, Earth-616 adalah sebutan untuk bumi utama dalam kanon Marvel Comics.

Bila MCU menganggap buminya sebagai Earth-616, itu seharusnya mengikuti setiap sejarah yang terjadi di Marvel Comics dan bukan malah membuat berbagai bab orisinal yang berbeda dari komiknya.

Mengapa Wanda Tidak Mencari Universe yang Anak-anaknya jadi Yatim Piatu?

Plot holes Doctor Strange 2

Sesuai judul poinnya, mengapa Scarlet Witch tidak mencari universe di mana Billy dan Tommy telah kehilangan orang tuanya saja? Maksudnya, Doctor Strange menolak ide Wanda jahat mentah-mentah karena ia berupaya untuk menggantikan versi alternatif dirinya di multiverse lain.

Dari begitu banyaknya multiverse di luar sana, masa sih tidak ada satu pun dunia di mana anak-anaknya yatim piatu? Padahal dunia tanpa Billy dan Tommy saja ada, mengapa tidak sebaliknya?

Mengapa Vision Tidak Ada di Doctor Strange 2?

Plot holes Doctor Strange 3

Inti utama dari film ini adalah keputusasaan Wanda untuk mendapatkan kembali kehidupan sekilas yang ia alami dengan keluarga yang sangat dicintainya. Kita telah disajikan versi alternatif Wanda dan versi alternatif putra-putranya, tetapi Vision tampaknya tidak menjadi faktor sama sekali di film ini.

Hal itu sangat aneh ketika mengingat bagaimana sihir Wanda yang menciptakan event Westview Anomaly sebelumnya berakar pada cinta dan kesedihannya yang begitu dalam terhadap kematian Vision. Namun, ia tidak berperan sama sekali dalam quest penuh darah terbaru Wanda.

Maksudnya, sejak kapan Vision sudah tidak lagi dalam gambaran keluarga ideal Wanda? Belum lagi ditambah oleh bagaimana akhir Doctor Strange 2 telah menyiratkan kematian Wanda. Bagaimana MCU akan membawa kembali Vision ke dalam alur universe -nya, jika Wanda sudah tiada? Apakah kini giliran Vision yang berusaha menghidupkan Wanda?

***

Itu dia semua plot holes dalam Doctor Strange 2 yang terpikirkan UP Station sejauh ini. Pada umumnya, memang berbagai film mempunyai banyak kejanggalan. Namun, film Doctor Strange kali ini benar-benar membuat banyak penggemarnya kebingungan.

Apakah kamu punya penjelasan untuk semua plot holes yang ada di atas? Atau malah ada plot holes lain yang masuk ke dalam daftar? Tulis di kolom komentar, ya!


Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station.

Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah!

Pastikan untuk mengikuti perkembangan terbaru dan berita gaming lainnya di akun sosial media kami:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: Upstation Media
Twitter: @upstationmedia
Instagram: @upstation.media

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord: UniPin Official Community

Topik Menarik