Loading...
Loading…
6 Tips Jitu Pilih Software Kasir Pintar Online untuk Usaha UMKM

6 Tips Jitu Pilih Software Kasir Pintar Online untuk Usaha UMKM

Teknologi | inewsid | Rabu, 11 Mei 2022 - 11:01

JAKARTA, iNews.id - Pemilik usaha tentu membutuhkan berbagai alat untuk kemudahan bisnisnya. Salah satu yang perlu dipertimbangkan adalah alat kasir online dalam pencatatan transaksi.

Meskipun usaha yang anda jalankan masih sebatas UMKM, tetapi penggunaan software kasir pintar memberikan manfaat yang signifikan bagi usaha. Untuk memudahkan Anda memilihnya, simaktips jitu memilih software kasir online, berikut ini.

1. Memilih software berbasis cloud

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah sistem dari kasir online tersebut. Ada baiknya, Anda memilih aplikasi yang sudah menyematkan fitur cloud.

Dengan adanya teknologi penyimpanan cloud, maka memungkinkan seluruh data dari bisnis yang dijalankan terunggah ke internet secara otomatis.

Berkat adanya fitur canggih ini, Anda bisa mengakses data kapan saja, di mana saja, dan menggunakan perangkat multiple. Penggunaan software ini bisa memberikan ketenangan kepada pebisnis yang usahanya baru berkembang, seperti UMKM.

Alhasil, Anda bisa mengawasi dan mengontrol bagaimana transaksi dilakukan dari luar toko.

2. Penggunaan yang memungkinkan multi user

Tidak ketinggalan, aspek multi user adalah suatu keharusan untuk aplikasi yang akan dipilih. Penggunaan kasir pintar lebih dari satu pengguna, membantu untuk mengelola bisnis atau usaha jauh lebih mudah.

Apalagi, jika Anda sedang mengembangkan usaha dengan beberapa cabang baru. Akun beragam ini dapat mempermudah utuk melihat hasil laporan.

3. Menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis

Sebagai pemilik usaha UMKM, tentu harus memahami apa yang dibutuhkan pada bisnis Anda. Pasalnya, kebutuhan masing-masing usaha berbeda satu sama lain.

Bahkan, ada jenis bisnis yang membutuhkan fitur khusus yang digunakan secara signifikan. Seperti perusahaan manufaktur, jasa, perdagangan, hingga pendidikan.

Misalnya, Anda sedang menjalankan bisnis restoran, tentu membutuhkan yang namanya fitur khusus untuk data bahan baku. Kebutuhan ini akan berbeda dengan pemilik usaha dalam bidang jasa, seperti salon rambut.

Untuk itu, Anda harus cermat dalam memilih fitur POS. Dikarenakan, beberapa kasir pintar yag tersedia belum didukung dengan fitur bisnis yang tengah Anda kembangkan.

4. Memeriksa data security yang aman

Mengingat aplikasi kasir berbasis online, tentu transaksi akan dilakukan secara otomatis ke cloud. Umumnya, semua data transaksi akan tersimpan di database dari penyedia jasa.

Maka dari itu, memilih developer aplikasi dengan keamanan terjamin dan terpercaya menjadi yang terpenting. Untuk itu, cari tahu terlebih dahulu kegunaan dari software POS.

5. Pilihlah software yang mudah digunakan

Jangan lupa, perhatikan aspek user friendly terhadap software kasir online yang akan dipilih. Hal ini menjadi aspek penting untuk kelangsungan bisnis ke depannya.

Jangan sampai memilih interface yang rumit, sebab akan menghambat pekerjaan Anda. Jadi, carilah aplikasi yang mudah digunakan dan tampilannya yang sederhana.

6. Pilihlah POS yang menyediakan layanan customer service

Penggunaan dari teknologi, sering kali mengalami error atau masalah sistem yang secara tiba-tiba. Bahkan terkadang, pengguna akan menemukan aplikasi kasir pintar menjadi tidak bisa diakses.

Ketika hal tersebut terjadi, maka akan menghambat usaha dan operasional bisnis. Untuk itu, peran customer service akan membantu dalam menyelesaikan kendala tersebut.

Dapat dikatakan, aplikasi untuk kasir online ini akan memudahkan pemilik bisnis, khususnya dalam sektor UMKM lebih mudah menjalankan usahanya. Selaras dengan pendapat salah satu merchant Olsera, Sylvia Gunawan pemilik Badass Monkey dan Hypebeastyle.

Dia mengatakan, memilih Olsera karena dari berbagai pilihan POS lain karena kemudahan fiturnya dan support yang sangat baik serta keramahan tim Olsera. Hal ini terasa sejak pertama kali menggunakan Olsera pada 8 Juni 2017, hingga berkembang menjadi lebih banyak.

Pasalnya, dikatakan oleh Sylvia, tim Olsera selalu siap membantu kapan saja saat mendapatkan kesulitan teknis, meski telah lewat jam kerja dan akhir pekan atau hari libur. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Sylvia untuk tetap bersama Olsera.

Sebagai seseorang yang menyukai perkembangan teknologi, saya melihat banyak sekali software POS, sales, inventory yang bermunculan dan makin berkembang, dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dengan mempelajari semua teknologi dan informasi lain itu, saat ini saya masih tetap merasa Olsera adalah yang paling tepat untuk bisnis saya saat ini dan ke depannya. Terima kasih Olsera tim for your support selama hampir 6 tahun ini, ujar Sylvia.

Sebelum memilih aplikasi yang paling sesuai, ada baiknya memperhatikan tips jitu dalam produk terbaik. Karena alasan tersebut, Anda bisa mempercayakan pada Olsera POS. Info lebih detail, dapat diakses di web olsera.com .

(CM)

Original Source

Topik Menarik