Loading...
Loading…
EA dan FIFA Putus Kerja Sama, Siap Ubah Nama Game ke EA SPORTS FC

EA dan FIFA Putus Kerja Sama, Siap Ubah Nama Game ke EA SPORTS FC

Teknologi | hybrid.co.id | Rabu, 11 Mei 2022 - 08:43

Kabar terbaru datang dari EA dan FIFA yang resmi menyudahi kerja sama strategisnya yang sudah dilakukan sejak lama. Electronic Arts mengumumkan perpisahan kerja samanya setelah meresmikan game FIFA 23 untuk pertengahan tahun 2022 mendatang.

Kerja sama Electronic Arts dan FIFA sendiri sudah berlangsung sejak tahun 1993. Dengan konsep game yang menarik dan lisensi besar dari nama FIFA, game sepak bola tersebut jadi kian terkenal.

Sumber: FIFA 22

Dilansir New York Times, game FIFA sendiri sudah menghasilkan keuntungan lebih dari US$20 miliar selama beberapa dekade terakhir.

Kerja sama ini putus dengan berbagai kondisi dari kedua belah pihak, salah satunya FIFA yang ingin nilai kontrak lebih besar terkait penggunaan namanya.

Penggunaan nama FIFA sendiri juga termasuk lisensi untuk beberapa turnamen resminya, seperti FIFA World Cup di berbagai mode pertandingan seperti International Cup , Career Mode , Casual Match , dan lain sebagianya.

Permintaan dari FIFA sendiri sudah ditujukan kepada Electronic Arts tepat setahun yang lalu. Dengan negosiasi yang berjalan alot, akhirnya kedua pihak resmi mengumumkan perpisahannya karena tidak sependapat dengan berbagai hal.

Tak Lagi Diperbolehkan Memakai Nama FIFA

Join The Club
Learn more July 2023#EASPORTSFC

More details: https://t.co/3fi6YPOH2G pic.twitter.com/75FLzjOapN

EA SPORTS FIFA (@EASPORTSFIFA) May 10, 2022

FIFA akan absen di nama game sepak bola besutan EA tersebut terkait putusnya kontrak kerja sama. Meski demikian, EA masih memegang berbagai macam lisensi eksklusif liga top Eropa seperti Premier League, LaLiga, Bundesliga, Serie A, MLS, dan lain sebagainya.

Pihak Electronic Arts juga mengatakan bahwa dengan putusnya kerja sama FIFA, perusahaan akan menggunakan judul game baru yaitu EA SPORTS FC. Nantinya akan banyak potensi kerja sama yang bisa terjadi, baik dari EA kepada beberapa perusahaan/klub sepak bola.

Beberapa investasi yang ditujukan oleh EA SPORTS FC adalah pengembangan liga perempuan. Beberapa turnamen yang berisikan tim sepak bola perempuan berpotensi besar hadir baik dari liga resmi dari Eropa hingga skala lokal.

Atlet sepak bola perempuan sendiri baru hadir secara perdana di mode permainan FIFA 22 Pro Club. Dengan niat EA pasca lepas dengan FIFA, pihak perusahaan mengatakan ada dana investasi yang akan dimaksimalkan ke beberapa aspek baru.

Meski resmi berpisah, EA masih berhak merilis seri game terakhir sekaligus terbarunya yaitu FIFA 23 pada bulan Juli 2022 mendatang. Dalam pernyataan resminya, EA akan membuat seri game FIFA satu ini menjadi yang terbaik dan tidak terlupakan.

Original Source

Topik Menarik