Loading...
Loading…
Cara Cek Spesifikasi HP Android, Gampang Banget!

Cara Cek Spesifikasi HP Android, Gampang Banget!

Teknologi | sindonews | Sabtu, 23 April 2022 - 19:42

JAKARTA - Cara cek spesifikasi HP Android terbilang sangat mudah. Spesifikasi smartphone pada dasarnya adalah elemen yang membentuk sebuah perangkat.

Penting untuk mengenal elemen-elemen yang membentuk smartphone kita, hal ini sangat membantu dalam memahami seperti seberapa cepat ponsel cerdas kita, seberapa besar layarnya, berapa banyak penyimpanan yang dapat digunakan pengguna, kapasitas baterai dan sebagainya.

Selain hal di atas, ada banyak sekali smartphone yang tersedia di pasaran saat ini sehingga semakin sulit untuk memilih ponsel cerdas yang sesuai dengan kebutuhan rata-rata pengguna. Di sinilah spesifikasi ponsel cerdas berperan, mereka membantu pengguna membuat keputusan pembelian yang tepat dan membantu tujuan peninjauan dan perbandingan perangkat yang efisien.

Dilansir dari dignited.com berikut cara cek spesifikasi HP Android.

1. Cara Cek Spesifikasi HP Android di Perangkat Anda

Cara cek spesifikasi HP Android melalui perangkat anda adalah cara yang efektif untuk mengetahui terbuat dari apa smartphone Anda.

Pada smartphone Android, buka menu 'Pengaturan' perangkat Anda dan navigasikan ke 'Sistem' akan menampilkan detail tentang tampilan ponsel Anda, CPU, RAM, ROM, konfigurasi kamera belakang dan depan, dan informasi baterai.

Baca Juga :
Cara Logout Gmail di HP Android Tanpa Aplikasi

Jika Anda perlu tahu lebih banyak, navigasikan ke 'About Phone' dari menu Sistem dan Anda akan disajikan dengan informasi lebih lanjut seputar nama ponsel Anda, versi sistem operasi, nomor seri, nomor build, tingkat patch keamanan Android, informasi hukum, dll.

2. Cara Cek Spesifikasi HP Android Melalui Situs Web Produsen

Setiap OEM memiliki situs web resmi mereka di mana mereka mencantumkan spesifikasi lengkap semua perangkat. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mencari nama (model) ponsel cerdas Anda di situs web produsen.

Berbeda dengan memeriksa spesifikasi ponsel Anda di menu pengaturan ponsel Anda, metode ini memberikan informasi yang lebih dalam seperti dimensi ponsel, berat, jenis baterai, jenis SIM, teknologi tampilan, dukungan band jaringan, format audio dan video yang didukung, sensor yang tersedia, dan banyak lagi. lebih lanjut tentang perangkat pilihan apa pun.

Misalnya, mengunjungi situs web resmi Samsung dan memasukkan "Note 8" di bilah pencarian akan mengungkapkan semua spesifikasi Samsung Galaxy Note 8.

Baca Juga :
4 Cara Cek IMEI di HP Android dan iPhone dengan Langkah Mudah

3. Cara Cek Spesifikasi HP Android Melalui Aplikasi

Cara cek spesifikasi HP Android melalui aplikasi terbilang cukup mudah. Aplikasi ini dapat memberikan informasi tentang spesifikasi perangkat Anda. Dari detail CPU hingga kamera, jaringan, sistem operasi, baterai, GPU, prosesor, dan bahkan sensor yang ada di perangkat Anda.

Meskipun aplikasi ini mungkin memakan sebagian ruang dan RAM perangkat Anda, mereka adalah paket lengkap dan memberikan spesifikasi yang akurat.

Sebagian besar tersedia di dan didukung oleh perangkat Android, misalnya: DevCheck, CPU-Z, dan My Device. Aplikasi ini tidak berbahaya bagi perangkat Anda (meskipun iklan mungkin mengganggu Anda) dan semuanya tersedia di Google Play Store.

Original Source

Topik Menarik