Loading...
Loading…
Perusahaan yang Ekspansi ke Metaverse, Ada Samsung, BBNI dan BBRI Lho!

Perusahaan yang Ekspansi ke Metaverse, Ada Samsung, BBNI dan BBRI Lho!

Powered by BuddyKu
Teknologi | IDX Channel | Kamis, 07 April 2022 - 15:15

IDXChannel - Perusahaan yang ekspansi ke Metaverse kini semakin banyak dan beragam. Peluang bisnis di Metaverse sebenarnya banyak dicari oleh para pebisnis karena memiliki peluang finansial yang besar. Meski konsep virtual atau dunia maya sudah ada sejak lama, namun kehadiran Metaverse memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri. Perusahaan yang ekspansi ke Metaverse

Lalu, perusahaan apa saja yang telah atau berencana melakukan ekspansi ke Metaverse?

1. Meta

Meskipun istilah atau konsep metaverse sudah ada sejak lama, tidak dapat disangkal bahwa rebranding Favebook telah membantu mempopulerkan istilah metaverse, yang semakin populer setelah Facebook menamainya Meta Platforms Inc., atau disingkat Meta. Meta juga akan hadir dengan ide-ide futuristik dengan tema metaverse. Salah satu metaverse yang dikembangkan Meta adalah game virtual Horizon Worlds.

2. Samsung

Raksasa teknologi Korea Selatan Samsung juga telah merambah ke dunia Metaverse yang dibuktikan dengan peluncuran produk terbarunya, seri Galaxy S22 di Metaverse. Mengutip Engadget, Metaverse Samsung disebut 837X, dirancang oleh toko Samsung di New York, Amerika Serikat dan terletak di platform realitas virtual Decentraland. Alamat sebenarnya toko fisik Samsung ini adalah 837 Washington St.

Baca Juga :
Ubah Nama, Facebook Kini Saingi Agensi Blackpink dan EXO

3. Disney

Perusahaan media dan hiburan multinasional Amerika, Walt Disney Company juga baru-baru ini menunjukkan minat dan rencana untuk membuat simulator dunia virtual di metaverse. Seperti yang disebut setelah Disney mengajukan hak paten untuk "dunia virtual simulator", yang terdiri dari peta tiga dimensi (3D) geometri tempat di dunia nyata.

Raksasa hiburan itu mengajukan paten pada akhir Desember. Seperti dilansir, Bitcoin.com, CEO Disney Bob Chapek mengatakan bahwa sejauh ini ini hanyalah prolog ke masa depan di mana Disney dapat mengikat dunia fisik dan digital lebih erat.

4. McDonald's

Menurut tweet terbaru dari pengacara merek dagang Josh Gerben, perusahaan makanan cepat saji McDonalds telah mengajukan 10 aplikasi merek dagang. Seperti yang dilaporkan berbagai sumber, dunia metaverse bertema McDonalds dapat menampilkan restoran yang kemudian dapat dikelola, dipesan, dan dikirim oleh pengguna ke rumah pelanggan.

5. Rans Entertainment

Bahkan perusahaan milik pasangan artis Indonesia Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Rans Entertainment, tak luput memasuki dunia metaverse. Proyek metaverse terbaru mereka disebut "RansVerse". Project metaverse milik Raffi dan Nagita ini merupakan kerjasama antara berbagai pihak yaitu ShintaVR, VCGamers, UpBanx dan Rans Animation. Informasi mengenai project metaverse terbaru mereka disampaikan langsung oleh Raffi melalui akun Instagram pribadinya beberapa waktu lalu.

Baca Juga :
Ubah Nama, Facebook Saingi Agensi Blackpink dan EXO di Dunia Virtual

6. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero)

Masuk dalam daftar perusahaan nasional, perusahaan-perusahaan yang mulai berkembang di dunia metaverse adalah milik sektor perbankan. PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) (BBRI) telah mengambil inisiatif untuk berpartisipasi dalam metaverse dalam negeri.

Untuk mengkonkretkan dan melancarkan langkahnya di dunia Metaverse, BRI menggandeng grup WIR untuk bekerjasama dalam pengembangan layanan perbankan di Metaverse. Kerjasama tersebut diresmikan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BRI dan WIR Group pada Selasa 8 Februari 2022.

7. PT Bank Negara Indonesia (Persero)

Selain itu, masih berasal dari industri perbankan, PT Bank Negara Indonesia (Persero) (BBNI) kini resmi berekspansi ke metaverse. BNI telah resmi memasuki dunia metaverse untuk memberikan pengalaman terbaik kepada nasabahnya. Berkolaborasi dalam pengembangan layanan perbankan di Metaverse, kerjasama tersebut diresmikan pada Selasa 15 Februari 2022 dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara BNI dengan WIR Group. (SNP)

Original Source

Topik Menarik

{
{
{