Lagi-lagi Xiaomi Patenkan Smartphone Layar Lipat, Kali Ini Lebih Menarik

Teknologi | sindonews | Published at Minggu, 14 Juni 2020 - 10:55
Lagi-lagi Xiaomi Patenkan Smartphone Layar Lipat, Kali Ini Lebih Menarik

BEIJING - Sejak awal tahun lalu, publik seluler melihat banyak smartphone yang layarnya dapat dilipat. Pabrikan China, Royole, adalah pihak pertama yang secara komersial memasarkan ponsel lipat pada 2018. (Baca juga: Bersekolah Saat Pandemi, Kesehatan Mental Siswa di China Terganggu)

Pada 2019, kita melihat pemain besar seperti Samsung dengan Galaxy Fold dan Huawei bersama Mate X-nya. Sekarang, pasar memiliki beberapa ponsel layar lipat dari sejumlah pabrikan.

Namun, pabrikan papan atas China, Xiaomi, sampai sekarang belum meluncurkan ponsel layar lipat pertamanya. Terlepas dari Xiaomi Mi MIX Alpha, kita memang belum melihat sesuatu yang dekat dengan model foldable phone. Bahkan MIX Alpha tidak menggunakan layar yang dapat dilipat, tapi menggunakan layar surround 360 derajat. Faktanya, ponsel ini tidak pernah masuk pasar.

Giz China menyebutkan, dalam rekayasa gambar yang dibangun LetsGoDigital, Xiaomi sudah memiliki banyak paten yang menggambarkan ponsel layar lipat. Seperti biasa, mereka selalu berusaha menyediakan teknologi canggih dengan harga lebih murah.

Karena itu pasar berharap kedatangan ponsel layar lipat Xiaomi dapat menetapkan standar harga baru untuk perangkat lipat. Xiaomi adalah salah satu perusahaan pertama yang menunjukkan paten ponsel lipat tahun lalu.

Namun, itu belum benar-benar diluncurkan. Sekarang, paten ponsel cerdas Xiaomi yang dapat dilipat telah muncul secara online.

Paten Terbaru Xiaomi Bukan Ponsel Lipat

Menurut laporan baru-baru ini, satu set paten desain baru untuk ponsel Xiaomi masuk web. Gayanya sangat berbeda dengan ponsel Xiaomi yang ada.

Desain bezel perangkat sangat "tangguh" (gaya bingkai tengah mirip iPhone 4). Selain itu, ponsel menggunakan desain layar penuh sejati (tidak ada bukaan atau desain layar berbentuk khusus).

Meskipun kita tidak dapat secara langsung menyebut paten ini telepon lipat, handphone tidak memiliki kamera depan. Ini berarti telepon mungkin terlipat dan kamera belakang berfungsi sebagai kamera depan. Atau, perangkat ini dapat menggunakan kamera di layar yang masih dalam pengembangan.

Perlu disebutkan bahwa ada dua perangkat melingkar yang dapat bergerak naik dan turun di bagian atas telepon. Namun, deskripsi paten tidak secara khusus menyebutkan fungsi ini. Jika perangkat dilengkapi kamera di bawah layar, kedua perangkat melingkar itu mungkin memiliki fungsi lain.

Menurut laporan, sebelum ini, pabrikan China telah mengajukan paten untuk banyak ponsel lipat. Paten ini mencakup desain yang sangat mirip dengan Samsung Galaxy Z Flip.

Artikel Asli