8 Cara Mengatasi HP Lemot Biar Kembali Ngebut

8 Cara Mengatasi HP Lemot Biar Kembali Ngebut

Teknologi | sindonews | Jum'at, 11 Maret 2022 - 20:26
share

JAKARTA - Cara mengatasi HP lemot tak serumit yang dibayangkan. Terdapat sejumlah cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi HP lemot.

Seiring dengan masa penggunaannya, kinerja smartphone bisa jadi akan terasa lebih lambat dibandingkan saat dalam kondisi baru. Punya smartphone yang terkadang lemot seringkali memicu emosi.

Namun jangan keburu melempar HP Anda karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar smartphone kembali gacor. Pastinya, HP lemot terjadi karena kapasitas memorisudah mendekati penuh.

Dilansir dari laman resmi Adira Finance , berikut cara mengatasi HP lemot biar kembali ngebut:

BACA: Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang ASUS ROG Phone 5

1. Install Antivirus

Cara mengatasi HP lemot yang perlu Anda lakukan yakni dengan cara instal antivirus. Cara ini dinilai efektif untuk mencegah virus-virus untuk merusak sistem HP.

Sebaiknya hindari meng-install lebih dari satu aplikasi antivirus di HP. Sebab, aplikasi antivirus akan terus berjalan, sehingga bisa menyebabkan RAM semakin boros dan kinerja HP jadi lemot.

2. Bersihkan Junk dan Cache

Membersihkan junk, cache, dan file yang tak terpakai di HP bisa juga dilakukan sebagai cara mengatasi HP lemot. Sebab, sistem HP akan mengira file-file tersebut sebagai sampah. Sehingga jika dibiarkan dalam waktu yang lama akan menyebabkan HP jadi lemot.

3. Perbarui Sistem dan Perangkat Lunak

Salah satu cara mengatasi HP lemot adalah memperbarui sistem dan perangkat lunak. Oleh karena itu, segera lakukan update jika ada pemberitahuan untuk perbarui sistem dan perangkat lunak (update software). Langkah ini penting demi memperbaiki masalah yang mungkin dibawa oleh sistem sebelumnya.

4. Hapus Aplikasi Jarang Digunakan

Ruang penyimpanan HP yang penuh disebabkan banyaknya aplikasi yang membuat sistem HP semakin berat untuk berfungsi. Sehingga kondisi ini memicu HP menjadi lemot . Karenanya, cara mengatasi HP lemot selanjutnya yaitu dengan menghapus aplikasi yang tak terpakai.

5. Kurangi Penggunaan Widget

Salah satu cara mengatasi HP lemot dan panas yaitu dengan mengurangi penggunaan fitur widget. Meskipun membuat tampilan layar HP lebih menarik. Akan tetapi, fitur widget membutuhkan banyak ruang dan kapasitas pada sistem HP.

6. Kurangi atau Matikan Animasi HP

Penggunaan animasi yang bergerak juga dapat membuat HP lemot, memakan memori yang cukup besar, menyebabkan baterai HP lebih cepat habis, dan memengaruhi sistem pengoperasian HP. Sebaiknya, kurangi atau matikan sistem animasi untuk mengatasi HP lemot.

7. Gunakan Memori Eksternal

Salah satu cara mengatasi HP lemot berikutnya adalah penggunaan memori eksternal. Salah satu penyebab HP lemot yaitu karena kapasitas memori yang sudah penuh, sehingga sistemnya semakin sulit untuk berfungsi.

8. Lakukan Factory Reset

Upaya akhir sebagai cara mengatasi HP lemot yakni lakukan factory reset. Pastikan data-data penting telah dipindahkan ke memori lain agar tidak ikut terhapus.

Dengan cara mengatasi HP lemot ini, perfoma HP Anda dipastikan akan jauh lebih baik karena sudah dikembalikan ke setelan pabrik.

Topik Menarik