Loading...
Loading…
7 Cara Mengatasi HP Lemot Saat Ngegame, Langsung Lancar!

7 Cara Mengatasi HP Lemot Saat Ngegame, Langsung Lancar!

Teknologi | upstation.asia | Minggu, 06 Februari 2022 - 13:00

Kamu suka main gim di smartphone kamu? Pada umumnya, smartphone lama-kelamaan pasti akan mengalami keadaan lambat dalam menjalankan perintah kalau sering dipakai nge- game .

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, mulai dari spesifikasi smartphone yang enggak cukup tangguh melakukan multitasking , terlalu banyak install aplikasi, hingga cache aplikasi yang memakan memori HP.

Tapi kamu gak perlu khawatir, UP Station akan kasih tahu kamu 7 cara mengatasi HP lemot saat dipakai nge -game berikut ini! 1. Restart Perangkat Secara Rutin Sumber: Thegorbalsia

Bukan mitos, nyatanya hanya dengan restart perangkat smartphone akan menghentikan task yang berjalan dan membersihkan cache yang tersimpan secara otomatis.

Dengan begitu, kinerja smartphone akan kembali ke mode normal. Kamu dapat melakukannya secara berkala untuk meningkatkan kinerja dari smartphone tersebut agar enggak lambat performanya. 2. Hapus Cache atau Data Sampah yang Enggak Berguna

Menjalankan aplikasi terkadang bisa meninggalkan sisa data penyimpanan berkelanjutan atau disebut cache .Penumpukan cache dari aplikasi-aplikasi tersebut bisa menjadi faktor yang memperlambat kinerja smartphone .

Baca Juga :
8 Cara Mengatasi HP Lemot Biar Kembali Ngebut

Cache ini juga biasa disebut dengan history jika padabrowser. Nah, untuk mencegah sistem menjadi lag akibat penumpukan cache , kamu bisa membersihkannya dengan cara:

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi bawaan dari smartphone yang khusus digunakan sebagai cleaner . 3. Hindari Penggunaan Live Wallpaper Sumber: Online Tech Tips

Banyak dari pengguna smartphone yang senang menggunakan live walpapper dengan tujuanuntuk memperindah tampilan. Namun di balik keindahannya, kinerja smartphone akan menjadi lambat tanpa kamu sadari.

Sangat disarankan untuk tidak memakai live wallpaper agar tidak memberatkan ketika loading dan membuat smartphone menjadi lambat. Sebaiknya, pilihlah gambar yang sederhana dan memiliki ukuran yang sedang-sedang saja. 4. Pasang Memori Eksternal

Solusi lain agar terhindar dari yang namanya smartphone lemot adalah dengan menambahkan memori eksternal atau yang biasa disebut sebagai Micro SD.

Tujuan menambahkan memori eksternal ini adalah untuk memberikan ruang kosong bagi perangkat smartphone . Dengan demikian, beban akan berkurang dan memungkinkan smartphone untuk bekerja lebih cepat dari biasanya. 5. Lakukan Upgrade Sistem Operasi Sumber: Persia Digest

Baca Juga :
Ini Penyebabdan Cara Mengatasi HP Xiaomi Lemot

Salah satu solusi untuk mengatasi lambatnya kinerja smartphone adalah dengan melakukan upgrade sistem operasi ke versi terbaru. Biasanya, sistem operasi terbaru memiliki kelebihan yang akan meningkatkan kinerja perangkat.

Untuk dapat melakukan upgrade sistem operasi, kamu harus memiliki smartphone yang memiliki spesifikasi yang dapat digunakan untuk sistem operasi terbaru dan kriteria yang mumpuni. 6. Hindari Menggunakan Aplikasi Secara Bersamaan

Multitasking memang memudahkan kita untuk beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lain, tapi sayangnya akan membuat kinerja smartphone semakin lemot.

Menggunakan aplikasi secara bersamaan bisa mengganggu proses dan mengakibatkan loading menjadi lama karena tugas prosesor sebagai otaknya menjadi sangat berat.

Solusinya, segera tutup ketika sudah selesai menjalankan aplikasi. Selain itu jika enggak terlalu diperlukan, jangan pernah menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan. 7. Turunkan Resolusi Game Sumber: Fanbyte

Jika keenam cara di atas masih membuat permainan game -mu nge- lag , artinya kamu harus menurunkan resolusi di dalam gim. Semakin tinggi resolusi yang kamu gunakan, artinya semakin besar pula sumber daya yang dibutuhkan oleh smartphone -mu.

Carilah resolusi yang paling ideal untuk smartphone -mu. Jika sudah mentok yang paling rendah, tetapi gim masih lemot, artinya perangkat yang kamu gunakan tidak bisa memainkannya. Mungkin, sudah saatnya kamu membeli smartphone baru!

***

Nah, itu dia 7 cara mengatasi HP lemot ketika nge- game yang bisa kamu lakukan. Apa kamu punya trik yang lain yang bisa mengatasi HP lemot? Tulis di kolom komentar, ya!

Dapatkan berita gaming dan informasi menarik lainnya seputar dunia game, esports, film, anime, dan lainnya hanya di UP Station. Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTube UniPin Gaming untuk nonton konten game menarik.

Baca Juga :
Ketahui Cara Mengatasi Laptop Lemot Anti Ribet

Follow akun sosial media kami di:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Discord : UniPin Official Community

Original Source

Topik Menarik