Chromebook Bakal Bikin Laptop Gaming?

Chromebook Bakal Bikin Laptop Gaming?

Teknologi | technologue.id | Rabu, 2 Februari 2022 - 15:00
share

Technologue.id , Jakarta Sama seperti laptop Windows atau MacOS pada umumnya, perangkat Chromebook juga biasa dipakai sebagai komputer portabel untuk bantu pekerjaan sehari-hari.

Meski begitu, perangkat yang dijalankan dengan sistem operasi (OS) ChromeOS ini sampai saat sekarang belum segmen pengguna gaming, tidak seperti beragam laptop gaming berbasis Windows yang sudah jelajahi pasar.

Namun, sebuah laporan yang dirilis 9to5Google belum lama ini mengatakan bahwa ada tiga Chromebook yang dibuat khusus untuk segmen gaming dan sedang disiapkan beberapa vendor PC. Dengan kode nama masing-masing Vell, Taniks, dan Ripple.

Belum diketahui spesifikasi detail dari laptop gaming dari Chromebook ini, tapi laporan itu juga menjelaskan bahwa laptop ini bakal pakai keyboard ikonik RGB yang bisa menyala, yang biasa ditemui di berbagai laptop gaming.

Kabarnya, Vell adalah perangkat buatan produsen laptop Hewlett Packard (HP) yang bakal isi seri gaming Omen. Lalu, Taniks disebut merupakan Chromebook yang diklaim bakal hadir dari vendor PC Lenovo, untuk lengkapi jajaran produk gaming lini Legion. Sedangkan Ripple dikabarkan berupa sebuah tablet gaming dengan keyboard RGB yang bisa dilepas pasang, mirip dengan Asus ROG Flow Z13, tapi tidak disebutkan siapa yang bakal bikin produk ini.

Karena masih berupa rumor, belum bisa dipastikan apakah tiga produk Chromebook gaming ini bakal dirilis di pasaran atau tidak. Tapi, kehadiran rumor ini sepertinya semakin memperkuat ambisi Google untuk fokus di segmen gaming lewat ChromeOS.

Sekitar dua tahun lalu, Google sendiri sempat umumkan bahwa mereka bakal hadirkan dukungan aplikasi distribusi game populer Steam ke perangkat ChromeOS. Tapi, informasi seputar fitur itu masih belum jelas sampai saat ini.

Selain Google, Nvidia dan Mediatek juga tahun lalu sempat umumkan bahwa mereka bakal hadirkan dukungan kartu pengolah grafis (GPU) dari lini RTX, demi berikan pengalaman visual yang keren seperti ray-tracing dan DLSS di perangkat Chromebook berbasis ARM.

Dari rumor terbaru ini, seperti menguatkan upaya Google, Nvidia, dan Mediatek beberapa tahun lalu bakal diwujudkan lewat tiga model Chromebook gaming yang bocor di internet tadi.

Topik Menarik