Simak, Begini Langkah-langkah Memasang Set Top Box ke TV Analog

Simak, Begini Langkah-langkah Memasang Set Top Box ke TV Analog

Teknologi | limapagi.id | Senin, 31 Januari 2022 - 06:05
share

LIMAPAGI - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mulai menghentikan siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) secara bertahap untuk menuju era baru TV Digital.

Pelaksanaan ASO akan dibagi menjadi lima tahap dan ditargetkan rampung pada 2 November 2022. Tentunya, pada tenggat waktu tersebut tak akan ada lagi siaran TV Analog.

Supaya bisa menonton siaran TV digital, masyarakat memerlukan dekoder atau Set Top Box (STB). Perangkat ini sudah bisa dibeli melalui toko elektronik atau e-commerce dengan harga Rp200 ribuan.

Kominfo menegaskan untuk mendapatkan perangkat dukungan TV digital yang berfungsi optimal, pastikan STB sudah tersertifikasi oleh Kominfo dengan tanda \'Siap Digital\'.

Melansir dari Siaran Digital Kominfo, Minggu, 30 Januari 2022, STB yang bersertifikat Kominfo, antara lain Nexmedia (NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD), Polytron (PDV 600T2), Ichiko (8000HD), Akari (ADS-2230, ADS-168 dan ADS-210), Venus (Brio), Tanaka (T2), Matrix (Apple), Evercoss (STB1).

Untuk Anda yang ingin menyambungkan STB ke perangkat TV analog, berikut langkah-langkahnya:

1. Perhatikan panel dan port pada bagian belakang STB

2. Pasang kabel penghubung antena dari STB ke perangkat tv yang berada di belakang perangkat

3. Hubungkan STB ke TV menggunakan Kabel AV (Audio Video) atau kabel HDMI

4. Setelah terhubung, tekan tombol on STB serta TV menggunakan remote yang terhubung dengan perangkat STB

5. Kemudian, nyalakan TV lalu masuk ke mode AV. Apabila terdapat beberapa mode AV, sesuaikan dengan koneksi STB, misalnya AV1, AV2, atau lainnya

6. Jika mode AV sudah ditentukan, tekan tombol \'Menu\' pada remot STB. Lalu cari opsi \'Pencarian Saluran\' dan klik \'Pencarian Otomatis\'

7. Tunggu hingga perangkat berhasil mencari sinyal siaran TV digital sampai selesai. Setelah pencarian sinyal sudah selesai, pilih opsi "Simpan"

8. Jika sudah, TV analog akan menampilkan siaran TV digital secara otomatis

Topik Menarik