TV Analog Disetop April, Set Top Box TV Digital Dijual Mulai Rp200.000

TV Analog Disetop April, Set Top Box TV Digital Dijual Mulai Rp200.000

Teknologi | katadata.co.id | Kamis, 27 Januari 2022 - 06:00
share

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan menyetop siaran televisi atau TV analog pada 30 April. Kominfo mengimbau warga kategori ekonomi mampu untuk segera membeli set top box agar bisa mengakses TV digital.

Set top box adalah alat penangkap sinyal siaran. Jenisnya ada beberapa yakni DVB-T2, DVB-C, DVB-S, dan DVB-IPTV. Sedangkan di Indonesia menggunakan DVB-T2 untuk menangkap siaran TV digital.

"Tidak perlu menunggu sampai migrasi ke TV digital," ujar Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo Ismail dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Panitia Kerja Digitalisasi Penyiaran Komisi I DPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, dikutip dari Antara , Rabu (26/1).

Set top box dibutuhkan jika warga belum memiliki TV yang memiliki fitur DVB-T2. TV yang bisa menerima siaran digital biasanya memiliki layar datar. Sedangkan TV tabung atau lawas, sudah pasti tidak bisa menangkap siaran TV digital.

Namun, tidak semua TV layar digital bisa menerima siaran digital. Untuk mengetahuinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya:

Kementerian mendata beberapa merek set top box yang sudah mendapatkan izin edar seperti Polytron PDV 600T2, Venus Bri hingga Tanaka T2. Di platform e-commerce , dekoder penangkap siaran digital itu dibanderol mulai dari Rp 224 ribu hingga Rp 935 ribu.

Di Tokopedia, harga set top box merek Venus Brio dibanderol Rp 235 ribu oleh akun @Needly_shop. Penjual mengatakan, alat ini bisa menangkap sinyal digital. "Tapi, pastikan daerah tempat tinggal kalian sudah ada siaran digital," demikian isi deskripsi barang.

Di Shopee, penjual dengan nama akun @wahyujavaelectro menjual set top box merek Akari ADS-168 Rp 370 ribu. "Ini memungkinkan untuk mendapatkan siaran TV dengan gambar yang jauh lebih baik," demikian isi deskripsi produk.

Berikut daftar merek set top box yang mendapatkan izin edar dan harganya di e-commerce :

Daftar set top box yang dapat izin edar dan harganya di beberapa e-commerce (Kominfo & Katadata/Fahmi Ahmad Burhan)

Namun Kementerian berencana menyediakan 6,7 juta set top box bagi masyarakat kurang mampu. Jumlah ini mengacu pada data keluarga kurang mampu dari Badan Pusat Statistik (BPS).