Hanya dengan Mata, Citizen Scientist Temukan Exoplanet yang Terlewatkan Algoritma NASA

Hanya dengan Mata, Citizen Scientist Temukan Exoplanet yang Terlewatkan Algoritma NASA

Teknologi | inewsid | Rabu, 19 Januari 2022 - 05:49
share

JAKARTA, iNews.id - Tahun lalu sekelompok citizen scientist bermata tajam dan cermat menemukan exoplanet seukuran Jupiter tersembunyi di depan mata. Planet sedikit lebih hangat dari suhu kamar di Bumi, mengapung 379 tahun cahaya dari Bumi dan menyelesaikan orbit 261 hari di sekitar bintang.

Hingga sekarang raksasa gas asing yang dijuluki TOI-2180 b disembunyikan dalam data yang dikumpulkan Transiting Exoplanet Survey Satellite atau TESS NASA. Itu terjalin begitu dalam bahkan algoritma terbaik NASA tak bisa menangkapnya.

"Ini adalah salah satu area di mana manusia masih mengalahkan kode," kata Paul Dalba, astronom dari University of California di Riverside dan penulis utama studi tentang penemuan tersebut, yang diterbitkan 13 Januari di Astronomical Journal dalam sebuah pernyataan, sebagaimana dikutip dari Cnet.

Daripada mengandalkan otomatisasi, para citizen scientist melihat ke alat yang lebih mudah diakses yakni mata mereka sendiri, dikombinasikan dengan kerja keras. Tom Jacobs, anggota tim citizen dan mantan perwira angkatan laut AS, mengatakan dia dan sesama astronom amatir mencurahkan banyak waktu setiap hari untuk mensurvei data karena kegembiraan dan minat murni untuk memajukan sains.

Sejauh ini, mereka telah menulis bersama lebih dari 68 makalah ilmiah yang ditinjau oleh rekan sejawat. "Kami senang berkontribusi pada sains. Dan saya menyukai jenis survei ini, mengetahui bahwa survei tersebut berada di wilayah baru yang belum ditemukan yang belum pernah dilihat oleh manusia mana pun sebelumnya," kata Jacobs.

Biasanya, pemburu exoplanet profesional memprogram komputer untuk menyaring tumpukan informasi TESS dan menganalisis pola kecerahan di sekitar bintang terdekat. Ketika sebuah bintang meredup dari sudut pandang Bumi, pergeseran luminositas menunjukkan sebuah planet dalam sistem bintang yang menghalangi sinar cahaya bintang menuju ke arah kita.

Topik Menarik