Alasan Orang Latah Ikut Jual NFT, Melihat Ada Peluang Besar

Alasan Orang Latah Ikut Jual NFT, Melihat Ada Peluang Besar

Teknologi | inewsid | Senin, 17 Januari 2022 - 18:05
share

JAKARTA, iNews.id - NFT (Non-fungible Token) kini menarik banyak perhatian sejak kisah sukses Ghozali Everyday menjual foto selfie menjadi viral. Dampaknya, orang-orang menjadi latah dan menjual apa saja di marketplace NFT seperti Opensea.

Menurut Pakar Budaya dan Komunikasi Digital Universitas Indonesia, Firman Kurniawan, tren orang-orang melirik NFT sebab mereka melihatnya jadi peluang yang besar. Misalnya Ghazali Everyday yang menjual selfie dan bisa laku dengan harga tinggi.

"Sesuatu yang muncul itu karena sangat menarik dan menjanjikan sebuah keuntungan yang cepat, dalam sederhananya tiba-tiba kaya mendadak," ujarnya dalam panggilan telepon, Senin (17/1).

Itulah yang membuat banyak orang tergiur untuk mencicipi berjualan di NFT termasuk seperti pakaian, makanan atau bahkan KTP. Sebab menurutnya, jika dilihat produk NFT tidak ada kategori atau pembatasan.

Semua dalam bentuk teks atau gambar, atau gabungan ketiganya yang bisa diubah menjadi citra digital. Hal itulah yang lantas membuat orang putar otak, apa yang kira-kira bisa dijual dan tentunya berharap dapat menghasilkan cuan dari cara tersebut.

"Apa nih yang bisa saya jual entah KTP orang ada yang jual cilok, ada yang jual nasi goreng, baju-baju dan semuanya. Nah, itu siapa tau saya bisa mendapatkan kekayaan seperti Ghozali," tuturnya.

Topik Menarik