Microsoft Matikan Xbox One, Pilih Fokus ke Xbox Series X dan S

Microsoft Matikan Xbox One, Pilih Fokus ke Xbox Series X dan S

Teknologi | upstation.asia | Jum'at, 14 Januari 2022 - 07:45
share

Microsoft secara resmi telah mengonfirmasi pada hari Kamis (14/1/2022) kemarin bahwa mereka menghentikan produksi konsol Xbox One . Mereka memutuskan untuk berfokus pada produksi konsol generasi terbaru mereka, yakni Xbox Series X|S.

Raksasa teknologi ini mulai menghentikan produksi seri Xbox One sebelum peluncuran Xbox Series X pada tahun 2020. Produksi Xbox One X dihentikan pada bulan Juli 2020, hanya sekitar tiga tahun setelah perilisannya.

Mereka juga menghentikan produksi Xbox One S versi digital yang hanya beredar sekitar satu tahun. Lantas, diam-diam mereka juga menghentikan produksi Xbox One S pada akhir tahun 2020.

Untuk fokus pada produksi Xbox Series X/S, kami menghentikan produksi untuk semua konsol Xbox One pada akhir tahun 2020, ujar Cindy Walker, direktur senior pemasaran produk konsol Xbox, dilansir dari The Verge .

Namun, banyak industri di seluruh dunia (termasuk bisnis konsol) mengalami masalah kekurangan semiconductor microchips yang menyebabkan keterlambatan pengiriman beberapa produk.

Ini 3 Seri XBox, Game Konsol Buatan Microsoft - Minews ID

Berdasarkan data dari analis, diperkirakan Xbox One telah terjual sebanyak 51 juta unit hingga tahun 2020. Angka ini kalah jauh dari PlayStation 4 dari Sony yang berhasil menorehkan angka penjualan hingga 116,6 juta unit.

Di sisi lain, Sony yang pernah mengutarakan rencananya untuk menghentikan produksi PlayStation 4 di akhir tahun 2021, ternyata masih memproduksinya hingga saat ini. Di tahun 2022 ini, mereka telah memproduksi sekitar satu juta konsol PlayStation 4 dan berencana untuk memproduksi lebih banyak lagi sebagai solusi dari keterbatasan PlayStation 5.

Secara resmi, Xbox One sebenarnya bertahan cukup lama di industri konsol, yakni 8 tahun. Angka ini mirip dengan masa produksi Nintendo Wii dan Sega Dreamcast, sehingga wajar saja jika Microsoft mengambil langkah ini.


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTube UniPin Gaming untuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Discord : UniPin Official Community

Topik Menarik