Tips & Trik Fallout 76 untuk Pemain Baru dan Veteran Fallout

Teknologi | upstation.asia | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 11:00
Tips & Trik Fallout 76 untuk Pemain Baru dan Veteran Fallout

Meski awal perilisannya kurang baik, popularitas Fallout 76 terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir berkat update rutin dari Bethesda. Dengan jumlah playerbase yang semakin banyak tersebut, tentunya banyak pemain baru yang membutuhkan tips dan trik untuk bisa bertahan di dunia post-apocalyptic Fallout 76.

Sebagai seri Fallout pertama yang mengusung fitur multiplayer, Fallout 76 awalnya banyak dikritik karena terlalu berfokus pada combat dan looting . Padahal, mereka yang sudah memainkan seri Fallout sejak Fallout 3 tentu tahu, sistem combat FPS yang dimiliki seri Fallout memang terkenal buruk, apalagi dibandingkan game-game FPS lainnya seperti misalnya Call of Duty .

Yang membuat fan tetap menyukai seri Fallout ini adalah jalinan cerita yang apik dan interaksi dengan NPC yang unik, serta suasana post-apocalyptic yang begitu real. Tampaknya Bethesda menyadari kesalahan mereka dan akhirnya mulai menambahkan update-update yang lebih berfokus pada keunggulan seri Fallout tersebut.

Maka dari itu, jika kamu merupakan salah satu penggemar seri Fallout yang kecewa saat Fallout 76 ini dirilis pada 2018 lalu, sekarang adalah saat yang tepat bagimu untuk kembali karena Fallout 76 bisa dibilang sebagai salah satu seri Fallout terbaik saat ini.

Nah, buat kamu yang baru saja keluar dari Vault 76, simak dulu tips dan trik berikut ini supaya kamu bisa bertahan hidup di Appalachia pada tahun 2102 bersama para pemain Fallout 76 lainnya!

Bersiaplah untuk Petualangan Tanpa Auto Save

Di seri Fallout sebelumnya, pemain dapat melakukan quicksave dan quickload kapan saja, namun di Fallout 76 semuanya dilakukan secara real-time tanpa save . Jadi, jika kamu tak sengaja menghilangkan Gauss Rifle yang susah payah kamu dapatkan, ya wassalam .

Selain itu, mode VATS juga tidak bisa dimanfaatkan lagi untuk melakukan pause ataupun slow mo , karena di sini musuh akan tetap berjalan dengan kecepatan normal meskipun kamu memasuki mode VATS.

Simpan Barang-Barang yang Penting Saja

fallout 76 tips item

Hal lain yang umumnya menjadi kebiasaan pemain Fallout adalah me- loot semua barang yang ada termasuk junk , karena dapat digunakan sebagai material konstruksi dan repair . Berkat kebiasaan tersebut, veteran seri Fallout yang baru memainkan Fallout 76 akan cepat menyadari bahwa inventory serta storage mereka akan cepat penuh.

Tak seperti seri Fallout sebelumnya dengan storage tak terbatas, storage di Fallout 76 dibatasi hanya mampu menampung 1200 lbs saja. Dengan demikian, kamu harus membiasakan diri memilah barang yang hendak disimpan dan membuang semua barang-barang ekstra yang tidak diperlukan, termasuk Stimpak, RadAway, dan ammo yang berlebih.

Jangan Menjual Semuanya ke Vendor

fallout 76 vendor

Kebiasaan lain yang sering dilakukan pemain Fallout adalah menjual senjata-senjata hasil looting ke NPC untuk mendapatkan caps (mata uang dalam dunia Fallout). Padahal, di Fallout 76 kamu bisa mendapatkan plan untuk upgrade dari setiap senjata yang kamu scrap.

Kamu juga bisa menukar senjata yang memiliki Legendary Effect dengan Legendary Token, yang nantinya bisa digunakan untuk membeli Legendary Effect yang kamu mau. Selain itu, harga jual di Fallout 76 sangatlah rendah, sehingga menjual senjata ke vendor sebaiknya hanya dilakukan jika kamu sudah tidak membutuhkan plan untuk senjata tersebut.

Manfaatkan Level Awal untuk Bermain Lebih Berani

fallout 76 tips level

Level semua musuh di Fallout 76 akan disesuaikan dengan level pemain. Contohnya, pemain A dengan level 5 melihat semua musuh sebagai level 5. Sementara, musuh yang sama akan memiliki level 50 jika dilihat dari sisi pemain B yang sudah mencapai level 50.

Dengan demikian, ada saatnya di mana pemain dengan level yang lebih kecil tampak lebih kuat daripada pemain berlevel tinggi, karena pertambahan level di Fallout 76 memiliki efek yang cukup signifikan.

Rencanakan Build dan Perk dengan Tepat

fallout 76 build

Berkat sistem leveling musuh yang dinamis tersebut, kadang pemain baru suka lupa diri karena selalu bertemu musuh yang mudah dikalahkan. Padahal, pertambahan stats musuh cukup eksponensial, di mana musuh berlevel tinggi dapat memiliki hit points, damage, dan lain-lain hingga berkali-kali lipat dibandingkan varian mereka yang berlevel rendah.

Untuk itu, rencanakan build -mu dari awal dengan mengambil perk yang sinergis dan berkelanjutan. Dengan demikian, bonus yang diberikan dari perk cukup untuk menutupi pertambahan stats musuh saat kamu sudah berlevel tinggi.

Pilih Lokasi CAMP yang Strategis

fallout camp

Fast travel merupakan fitur yang muncul kembali di Fallout 76, namun dengan sedikit perbedaan. Di sini, kamu harus membayar sejumlah caps untuk bisa melakukan fast travel ke lokasi yang sudah pernah kamu datangi. Semakin jauh jarak lokasi tersebut dari posisi karakter kamu, maka semakin mahal harganya.

Untuk menghemat waktu perjalanan, kamu perlu mengenal lokasi-lokasi di mana kamu bisa melakukan fast travel ke sana dengan gratis. Lokasi tersebut adalah Vault 76, The Foundation, Fort Atlas, The Crater, dan CAMP-mu sendiri. Kamu juga bisa fast travel ke lokasi event yang sedang berlangsung, tapi ini sifatnya random sehingga tidak bisa diandalkan.

Karena kamu selalu dapat melakukan fast travel ke CAMP-mu tanpa dipungut biaya, maka menaruh lokasi CAMP dengan strategis dapat mempersingkat waktu perjalanan. Namun, kamu harus siap membayar sejumlah caps setiap kali kamu memindahkan CAMP.

Selalu Ikuti Event yang Sedang Berlangsung

fallout event

Salah satu cara terbaik di Fallout 76 untuk mendapatkan reward dan experience adalah adalah dengan mengikuti event . Event di Fallout 76 dapat diikuti siapa saja dan dari mana saja ketika sedang berlangsung.

Untuk itu, pantau selalu map kamu dan ikuti setiap event bertanda seru yang muncul. Setiap event memiliki rekomendasi level, jadi jika kamu merasa belum cukup level, tunggulah hingga banyak orang yang bergabung di event tersebut sehingga mereka dapat membantu menyelesaikan event dengan mudah.

***

Itulah tadi beberapa tips dan trik yang akan membantumu menghadapi berbagai tantangan di dunia Fallout 76 . Sudah siap menghadapi serangan para Deathclaw dan Super Mutant di Appalachia?


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian, langsung saja kunjungi UniPin! Proses cepat, harga murah, dan pastinya banyak bonus serta promo menarik!

Jangan lupa follow akun sosial media kami untuk konten menarik lainnya di:

Facebook: UP Station Indonesia

YouTube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.media

Discord: UniPin Official Community

Artikel Asli