Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

Teknologi | sindonews | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 15:38
Cara Mengatasi Panggilan WhatsApp Tidak Ada Suara

JAKARTA - Cara mengatasi panggilan WhatsApp tidak ada suara penting untuk mengetahui dimana letak masalah dan mendapatkan solusi agar kembali normal.

Ada beberapa hal yang membuat panggilan WhatsApp tidak ada suara. Ini bisa karena jaringan, speaker ponsel yang bermasalah, mikropon, atau malah kendala sistem di Android. Nah, berikut cara mengatasi panggilan WhatsApp tidak ada suara:

Tren Smartphone 2022 di Indonesia: Ponsel 5G di Bawah Rp2 Juta

1. Pastikan Internet lancar

Panggilan suara WhatsApp butuh koneksi internet cukup stabil. Pastikan Anda terhubung ke jaringan 4G LTE. Cek juga paket data yang digunakan. Tidak ada salahnya untuk mengaktifkan Airplane Mode, lalu menyalakan kembali.

2. Gunakan Jaringan Internet Lain

Coba gunakan jaringan internet lain. Misalnya beralih dari jaringan operator seluler ke Wi-Fi. Bisa jadi memang yang bermasalah jaringan internet Anda.

3. Matikan Ponsel

Coba matikan ponsel selama 5-10 detik, lantas hidupkan kembali.

4. Izin mikrofon

Pastikan bahwa App Permission WhatsApp untuk mengakses mikropon sudah aktif. Sehingga WhatsApp bisa menggunakan mikrofon di perangkat Anda. Buka Apps & Notification, cari WhatsApp, ketik Permission. Lalu centang Camera and Microphone.

5. Perbarui WhatsApp

Perbarui WhatsApp ke versi terbaru. Buka Google PlayStore atau App Store untuk melakukan update WhatsApp ke versi terbaru.

6. Cek Mikrofon dan Speaker

Cek bahwa mikrofon dan speaker Anda berfungsi dengan baik.

7. Matikan Bluetooth

Coba matikan koneksi Bluetooth, karena siapa tahu Bluetooth Anda terhubung ke perangkat eksternal seperti earbuds atau TWS, sehingga suara tidak keluar.

8. Gunakan Headset

Sebaliknya, jika memang ada masalah dengan speaker atau mikrofon Anda, coba gunakan headset eksternal saat melakukan panggilan.

Artikel Asli