Cara Tanda Tangan di PDF

Teknologi | inewsid | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 12:30
Cara Tanda Tangan di PDF

JAKARTA, iNews.id - Apakah kamu tahu cara tanda tangan di PDF? Meski tidak semua orang tahu cara untuk tanda tangan di PDF, untuk melakukannya sebenarnya tidaklah terlalu rumit.

Di zaman digital seperti sekarang apa pun menjadi mudah. Sekarang, untuk minta tanda tangan seseorang tidak perlu bertemu secara fisik. Karena, Anda bisa mengirimkannya dokumen untuk ditanda tangani.

Anda tidak hanya bisa membuat tanda tangan, tapi juga menanda tangani dokumen secara elektronik. Bagi Anda pemilik mac ada keuntungan tersendiri. Anda bisa memanfaatkan sejumlah aplikasi di dalam komputer Apple untuk memudahkan tanda tangan di PDF.

Cara Tanda Tangan di PDF

Apple telah menambahkan kemampuan mendatangani dokumen PDF secara elektronik menggunakan Preview, program yang telah diinstal sebelumnya di setiap Mac yang menjalankan OS X Lion atau lebih baru.

Langkah-langkah untuk menandatangani PDF secara elektronik menggunakan Preview di Mac cukup sederhana dan akan menghemat waktu Anda, terutama jika memiliki banyak dokumen, kontrak, formulir, atau dokumen lain untuk ditandatangani.

Jika Anda khawatir tanda tangan virtual Anda akan terlihat buruk, yakinlah Anda dapat membuat tanda tangan Anda dengan menggunakan trackpad atau memegang tanda tangan Anda di atas kertas ke kamera iSight bawaan Mac, sebagaimana dikutip dari Mac Rumors.

1. Langkah-langkah untuk Menandatangani PDF Secara Elektronik Menggunakan Trackpad
- Buka file PDF yang Anda butuhkan untuk masuk Preview

- Klik pada ikon Markup (markuppenicon) dan kemudian ikon tanda tangan

- Klik Buat Tanda Tangan > Klik Di Sini untuk Memulai. Gambarlah tanda tangan Anda di trackpad. Klik tombol apa saja setelah selesai. Klik Selesai.

- Klik pada tanda tangan yang dibuat untuk memasukkannya ke dalam dokumen PDF. Tanda tangan dapat dipindahkan atau diubah ukurannya seperti gambar biasa.

2. Langkah-langkah untuk Menandatangani PDF Secara Elektronik Menggunakan Kamera

- Buka file PDF yang Anda butuhkan untuk masuk Pratinjau.

- Klik pada ikon Markup dan kemudian ikon tanda tangan

- Klik Buat Tanda Tangan > Kamera. Tanda tangani nama Anda di atas kertas putih dan tahan agar terlihat oleh kamera. Pratinjau akan menggambar tanda tangan virtual. Klik Selesai.

- Klik pada tanda tangan yang dibuat untuk memasukkannya ke dalam dokumen PDF. Tanda tangan dapat dipindahkan atau diubah ukurannya seperti gambar biasa.

Artikel Asli