Detail Kompetisi VCT Asia Pasifik 2022: Hadirkan Regional Baru

Teknologi | dailysocial.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 09:49
Detail Kompetisi VCT Asia Pasifik 2022: Hadirkan Regional Baru

VALORANT memang menjadi salah satu game FPS terfavorit pasca pengumumannya di pertengahan tahun 2020 silam. Kali ini, Riot Games mengumumkan kabar terbaru mengenai VALORANT Champions Tour (VCT) Asia Pasifik (APAC) 2022.

Ada banyak hal yang berbeda di VCT Asia Pasifik tahun ini, salah satunya mengenai jadwal kompetisi, tim, serta format yang disediakan.

Penambahan Regional di VCT Asia Pasifik

Asia Tenggara kedatangan tamu yang cukup kuat dari regional Asia Selatan dan Oseania. Dengan dua kehadiran regional tersebut, maka total akan ada 8 regional yang berpartisipasi di VCT APAC 2022 dengan detail sebagai berikut:

1. Thailand
2. Filipina
3. Indonesia
4. Vietnam
5. Asia Selatan
6. Oseania
7. Singapura/Malaysia
8. Taiwan/Hong Kong

Format Kompetisi VCT APAC 2022

Sumber: Riot Games

Pada musim VCT APAC 2022 sendiri akan dibagi menjadi 3 event global yaitu Masters 1, Masters 2, dan terakhir adalah Champions. Pada tingkat Asia Pasifik nantinya, tim dapat bersaing secara langsung di setiap kompetisi untuk mengamankan tiket ke event global.

Babak kualifikasi akan berjalan cukup sengit dan berbeda di tahun ini, apalagi setelah kedatangan dua regional baru. Berikut detail event untuk kompetisi VCT APAC 2022, seperti:

1. Challengers Lokal : Setiap tim akan berpartisipasi dalam turnamen lokal terlebih dulu guna mengamankan klasemen di urutan Playoffs Regional.

2. Playoffs Regional : Dari setiap tim yang lolos ke Playoffs akan bertanding dengan tujuan meraih Circuit Point. Nantinya tim dengan perolehan yang tinggi akan diundang ke tahap Event Global.

3. Event Global : Turnamen VALORANT di level internasional yang menghadirkan total hadiah besar dengan Circuit Point yang berlimpah.

Alokasi Slot Tim VALORANT

Tentu dengan banyaknya regional yang ikut, alokasi slot dari format kompetisi 20 tim diatur ulang. Berikut alokasi slut menurut regional masing-masing:

Thailand: 3 Slot
Filipina: 3 Slot
Indonesia: 3 Slot
Vietnam: 3 Slot
Singapura/Malaysia: 3 Slot
Taiwan/Hong Kong: 2 Slot
Asia Selatan: 2 Slot
Oseania: 1 Slot

Pendaftaran Tim di VCT APAC 2022

Sumber: Riot Games

Untuk para regional yang terdaftar dapat langsung melakukan pendaftaran pada platform yang disediakan Riot Games di sini.

Namun khusus regional Asia Selatan dan Oseania akan dilakukan di website Nodwin Gaming (Asia Selatan) dan Lets Play Live (Oseania).

Selesai mendaftar, setiap perwakilan tim akan diarahkan langsung oleh operator wilayah setempat mengenai informasi seputar Kualifikasi Terbuka.

Artikel Asli