Laporan Hardware Steam Tunjukkan Beberapa Standar Baru bagi Gamer

Teknologi | dailysocial.id | Published at Minggu, 09 Januari 2022 - 07:43
Laporan Hardware Steam Tunjukkan Beberapa Standar Baru bagi Gamer

Selain sebagai platform yang menjual game-game digital, Steam juga menjadi salah satu platform analisa yang mendata banyak aspek dari para gamer yang menggunakan layanannya.

Salah satunya adalah pendataan hardware yang digunakan para gamer untuk PC/ laptop gamingnya. Dan Steam juga akan merilis data yang mereka kumpulkan tersebut setiap bulannya dalam laporan Steam Hardware & Software Survey .

Dalam laporan bulan Desember 2021 yang baru dirilis, Steam menunjukkan beberapa data dan juga pergerakan tren yang terjadi pada para gamer dibandingkan 6 bulan sebelumnya.

Image Credit: Steam

Salah satu data yang menarik dalam survei tersebut adalah fakta bahwa persentase pengguna Steam yang menggunakan prosesor quad-core terus menurun sejak Oktober 22021. Sebaliknya, popularitas prosesor enam core atau lebih meningkat hingga hampir 50% dari total pengguna.

Hal ini menunjukkan bahwa para gamer mulai meninggalkan prosesor empat core dan beralih ke prosesor 6 core atau bahkan lebih untuk dapat menangani game-game baru yang lebih berat dari sebelumnya.

Image Credit: Steam

Penurunan masif juga terjadi pada kapasitas RAM pada semua besaran di bawah 16 GB. Sedangkan penggunanaan RAM 16 GB atau lebih kini meningkat meskipun dengan total hanya satu digit persen saja.

Hal ini menunjukkan bahwa ke depannya RAM 16 GB akan menjadi standar baru bagi gaming PC mengingat mayoritas game sekarang memang cukup rakus untuk masalah RAM.

Image Credit: Steam

Statistik yang cukup bervariasi ternyata muncul pada pilihan GPU. Dengan tren bahwa seri mainstream dari NVIDIA dengan kode xx60 dari generasi apapun mengalami peningkatan pengguna.

Bahkan NVIDIA GTX 1060 yang sudah berumur empat tahunan malah mengalami peningkatan kembali setelah sempat turun sejak Agustus 2021 hingga November 2021.

Seri xx60 lain yang mengalami peningkatan antara lain GTX 1660 Super yang naik 0,14%, RTX 2060 yang naik sebesar 0,40%, RTX 3060 Ti sebesar 0,30%, dan juga RTX 3060 yang mengalami peningkatan tertinggi sebesar 0,57%.

Image Credit: Steam

Terakhir untuk masalah sistem operasi atau OS kini mendapat penantang baru yaitu Windows 11 yang baru diumumkan tahun ini dan langsung digunakan sebanyak 10,15% pengguna membuat semua OS Windows lainnya mengalami penurunan.

Namun hasil tadi juga menunjukkan bahwa tidak sedikit gamer di Steam yang sudah beralih ke Windows 11 dan meninggalkan Windows 10, terlepas dari berbagai sambutan negatif yang diberikan para fans saat Windows 11 diluncurkan pada awal Oktober 2021 lalu.

Artikel Asli