Kominfo Selidiki Dugaan Kebocoran Data Pasien di Server Kemenkes

Kominfo Selidiki Dugaan Kebocoran Data Pasien di Server Kemenkes

Teknologi | technologue.id | Jum'at, 7 Januari 2022 - 10:00
share

Technologue.id , Jakarta Menyusul kebocoran data pasien rumah sakit, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kini tengah menindaklanjuti dugaan data pasien rumah sakit yang berada di server Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Merespon pemberitaan yang beredar terkait dugaan kebocoran data pasien yang dikelola oleh Kementerian Kesehatan, Menteri Kominfo telah memerintahkan jajaran terkait untuk berkomunikasi secara intensif dengan Kementerian Kesehatan dan memulai proses penelusuran lebih lanjut sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, kata Dedy Permadi, juru bicara Kominfo, dalam keterangan resmi, Kamis (6/1/2022).

Di sisi lain, Dody menegaskan bahwa pihak Kemenkes juga sudah mengadakan langkah internal untuk mengatasi dugaan kebocoran data ini, salah satunya koordinasi dengan Badan Siber dan Sandi negara (BSSN).

Kominfo meminta seluruh penyelenggara sistem elektronik (PSE) publik dan privat, terutama yang mengelola data pribadi, untuk secara serius memperhatikan kelayakan dan keandalan pemrosesan data pribadi.

Kelayakan dan keandalan yang dimaksud berkaitan dengan aspek teknologi, tata kelola dan sumber daya manusia.

Sebelumnya, peretas dalam suatu forum mengklaim memiliki data berasal dari server terpusat Kementerian Kesehatan Indonesia pada 28 Desember 2021.

Berdasarkan tautan yang beredar, dokumen tersebut berisi informasi medis pasien dari berbagai rumah sakit, total data berjumlah 720GB.

Pengunggah di forum tersebut juga menyertakan 6 juta sampel sampel data, berisi, antara lain, nama lengkap pasien, rumah sakit, foto pasien, hasil tes Covid-19 dan hasil pindai X-Ray.

Selain yang disebutkan, data yang bocor juga berisi keluhan pasien, surat rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan), laporan radiologi, hasil tes laboratorium dan surat persetujuan menjalani isolasi untuk Covid-19.