NVIDIA RTX 3080 Ti dan 3070 Ti Akan Hadir Untuk Laptop, Lebih Kencang dari GPU Desktop!

Teknologi | dailysocial.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 13:00
NVIDIA RTX 3080 Ti dan 3070 Ti Akan Hadir Untuk Laptop, Lebih Kencang dari GPU Desktop!

Di ajang CES 2022 kemarin, NVIDIA memamerkan versi mobile dari dua GPU monster mereka, RTX 3080 Ti dan RTX 3070 Ti . Menyandang nama RTX 30-series, performa yang diberikan oleh kedua kartu grafis mobile ini pastinya tidak diragukan lagi. NVIDIA bahkan menyebutkan bahwa laptop-laptop yang mengusung kedua GPU monster ini merupakan laptop terkencang yang pernah ada.

Image Credit: NVIDIA

Namun, seberapa kencang sebenarnya kedua kartu grafis mobile terbaru ini? Menurut spesifikasi yang diumumkan oleh NVIDIA, RTX 3080 Ti versi laptop memiliki VRAM sebesar 16GB GDDR6, yang artinya lebih besar 4GB dari versi desktopnya. Menariknya, RTX 3080 Ti mobile ini juga diklaim lebih kencang dari Titan RTX versi desktop dalam urusan desain grafis.

Sayangnya, NVIDIA tidak mengungkap spesifikasi teknis sama sekali untuk RTX 3070 Ti. Mereka hanya memberikan informasi bahwa RTX 3070 Ti versi laptop ini akan lebih kencang hingga 70% dari pendahulunya, RTX 2070 SUPER.

Image Credit: NVIDIA

Di segi gaming, NVIDIA mengklaim bahwa RTX 3080 Ti dan RTX 3070 Ti dapat menjalankan game 1440p dengan kualitas Ultra dan masih meraih 100-120+ FPS. Namun, NVIDIA tidak menjelaskan di game apa kedua kartu grafis ini akan berperforma sesuai klaim mereka.

Laptop-laptop dengan kedua GPU monster ini juga akan dibekali dengan teknologi-teknologi teranyar dari NVIDIA, seperti CPU Optimizer, Rapid Core Scaling, dan Battery Boost 2.0.

Image Credit: NVIDIA

Dikembangkan dengan bantuan dari Intel dan AMD, teknologi CPU Optimizer ini diklaim dapat mengatur performa, daya, serta temperatur CPU-CPU next-gen secara otomatis tergantung pemakaian. Menurut TheVerge, CPU next-gen yang dimaksud oleh NVIDIA adalah Intel Alder Lake dan AMD Rembrandt.

Lalu, ada teknologi Rapid Core Scaling yang dapat mematikan sejumlah core GPU dan meng- overclock core lainnya untuk mendapatkan performa 3 kali lebih banyak saat menggunakan baterai.

Teknologi Battery Boost 2.0 juga membantu daya tahan baterai menjadi lebih lama dengan menggunakan AI untuk mencari keseimbangan optimal penggunaan daya GPU dan CPU, memberikan daya tahan baterai 70% lebih lama.

Kedua GPU monster ini akan dapat dibawa pulang dalam bentuk laptop gaming berlogo ASUS, Alienware, MSI, dan Razer pada tanggal 1 Februari mendatang. Untuk harganya, dibanderol mulai dari US$2499 (sekitar Rp35,9 jutaan) untuk laptop bertenaga RTX 3080 Ti dan US$1499 (sekitar Rp21,5 jutaan) untuk RTX 3070 Ti.

Selain NVIDIA, sejumlah brand hardware PC lain seperti AMD dan Intel juga mengungkap beberapa hal baru yang akan rilis di tahun 2022 ini. Beberapa hal baru tersebut meliputi processor laptop AMD Ryzen 6000-series, Intel Alder Lake versi mobile, sejumlah kartu grafis terbaru dari AMD, kartu grafis Intel ARC, dan masih banyak lagi.

Feat image credit: NVIDIA

Artikel Asli