Waspada! Ada Aplikasi Streaming Film Ilegal di App Store

Teknologi | limapagi.id | Published at Kamis, 06 Januari 2022 - 11:18
Waspada! Ada Aplikasi Streaming Film Ilegal di App Store

LIMAPAGI - Pengembang aplikasi FlickType, Kosta Eleftheriou, menemukan aplikasi streaming berisi penipuan yang ada di App Store perangkat iPhone dan iPad.

Kosta menunjukkan aplikasi yang mengaku sebagai penyedia layanan streaming resmi. Aplikasi tersebut justru menyediakan trailer film, film bajakan, dan filter foto.

Aplikasi ini mengajak pengguna untuk memasukkan kode dan membagikan aplikasi ke teman-temannya. Hal ini berguna untuk membuka fitur yang lebih banyak.

Selain itu, aplikasi tersebut memungut bayaran untuk layanan premium yang diproses dalam App Store. Artinya, Apple menerima pemasukan dari potongan sebesar 15-30 persen yang didapat oleh aplikasi penipu.

"Apple gagal menjaga keamanan App Store, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari dua juta kali dan saat ini menghasilkan uang USD16 ribu (sekitar Rp229 juta) per hari atau sekitar USD6 juta per tahun," ujar Eleftheriou, melansir dari India Today.

This holiday season, why not watch some pirated movies from the App Store?

This app pretends to help you discover classic old movie trailers, but once you enter 777 in its search field, you can watch all the latest movies for FREE! https://t.co/BlEQmNEqg0 pic.twitter.com/FUDadZNkTI

Kosta Eleftheriou (@keleftheriou) December 22, 2021

Bahkan, banyak iklan yang beredar mempromosikan aplikasi tersebut hingga menggunakan influencer media sosial yang memiliki jutaan pengikut.

Berdasarkan pantauan Limapagi.id, Kamis (6/1/2022) aplikasi tersebut saat ini tidak tersedia di Indonesia, entah apakah sudah ditindaklanjuti oleh Apple atau memang hanya bisa diunduh di sebagian negara saja.

Sayangnya, pihak Apple belum memberikan konfirmasi apapun terkait rumor ini.

Namun, lemahnya keamanan App Store diakui oleh Eric Friedman, bos unit Fraud Engineering Algorithms and Risk (FEAR) Apple.

Sebagai petugas sistem keamanan App Store, ia menganalogikan sistem keamanan Apple seperti membawa pisau plastik ke pertempuran dengan senjata api.

"Bahkan ini seperti wanita cantik yang menyambut Anda di bandara Hawaii daripada anjing pelacak narkoba," tutur Friedman.

Artikel Asli