Dirilis Hari Ini, Berikut Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi 12

Teknologi | katadata.co.id | Published at Selasa, 28 Desember 2021 - 13:03
Dirilis Hari Ini, Berikut Bocoran Harga dan Spesifikasi Xiaomi 12

Xiaomi berencana merilis Xiaomi 12 di Cina pada hari ini (28/12). Ponsel pintar (smartphone) varian anyar ini mengandalkan kemampuan kamera dan cip ( chip ) terbaru dari Qualcomm.

"Sejumlah produk akan diluncurkan dan media sosial Xiaomi sudah mulai memberikan teaser untuk itu," demikian dikutip dari Gizmochina , Selasa (28/12).

Produsen gawai asal Cina itu bakal meluncurkan beberapa varian Xiaomi 12 yakni reguler, Pro, Ultra, dan 12X. Namun Ultra dan 12X baru akan dirilis tahun depan.

Xiaomi mengandalkan kemampuan kamera dan cip pada gadget tersebut. Xiaomi 12 Pro akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor Sony IMX707 terbaru.

Sensor dari Sony itu menjadi fitur di kamera utama Xiaomi 12. Teknologi ini diklaim mendukung pixel-binning dengan satu piksel besar 2,44m.

Pixel binning adalah teknologi kamera ponsel yang menyatukan tiap piksel kecil menjadi satu piksel besar untuk meningkatkan kualitas suatu gambar.

Xiaomi 12 Pro mempunyai resolusi kamera utama 50 Megapiksel (MP). Ada juga kamera ultrawide dan telephoto yang mempunyai resolusi 50 MP.

Sedangkan, Xiaomi 12 memiliki kamera utama 50 MP, ultrawide 13 MP, dan telefoto 32 MP. Selain itu, kamera depan atau selfie beresolusi 20 MP.

Kamera selfie tersebut filter kecantikan asli yang diklaim menawarkan peremajaan kulit tingkat piksel lanjutan berdasarkan generative adversarial network (GAN).GAN adalah bagian dari kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) deep learning .

Teknologi GAN dapat menghasilkan gambar yang sudah diatur terperinci seperti penempatan rambut wajah, bintik hingga pori-pori.

Perusahaan asal Tiongkok itu juga mengandalkan kemampuan cip pada Xiaomi 12. CEO Xiaomi Lei Jun mengatakan bahwa gadget ini akan menjadi ponsel pertama yang menggunakan cip keluaran baru dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1.

"Setelah berbulan-bulan upaya bersama antara Xiaomi dan Qualcomm, Xiaomi Seri 12 akan menjadi smartphone pertama di dunia yang ditenagai oleh platform seluler @Snapdragon 8 5G Gen 1 yang baru," kata Jun di Twitter, awal Desember (1/12).

Cip Snapdragon 8 Gen 1 memang cip terbaru yang diperkenalkan oleh Qualcomm dalam acara Snapdragon Tech Summit Qualcomm. Selain Xiaomi, Realme mengonfirmasi bahwa ponsel baru merekaGT 2 Pro akan memiliki cip Snapdragon 8 Gen 1.

OnePlus, OPPO, dan iQOO juga mengonfirmasi untuk meluncurkan gawai bertenaga Snapdragon 8 Gen 1.

Selain itu, Xiaomi 12 mempunyai kapasitas baterai 4.500 mAh yang mendukung pengisian cepat 67W. Sedangkan Xiaomi 12 Pro mencapai 4.600 mAh dan 120W.

Keduanya akan menampilkan layar AMOLED FHD+ 6,28 inci yang menawarkan rasio aspek 20:9. Tingkat kecepatan refresh mencapai 120Hz.

Layar Xiaomi 12 bakal dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Gizmochina melaporkan, Xiaomi 12 akan dijual sekitar 4.299 yuan atau Rp 9,6 juta. Sedangkan Xiaomi 12 Pro 4.999 yuan atau Rp 11,1 juta.

Artikel Asli