Brazil, Negara dengan Panggilan Spam Terbanyak di Dunia

Teknologi | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 23:05
Brazil, Negara dengan Panggilan Spam Terbanyak di Dunia

BRAZIL - Brazil menjadi negara paling rentan penipuan lewat online. Negara tersebut bertahan di peringkat pertama sebagai negara paling banyak menerima spam selama empat tahun berturut-turut.

Hal tersebut terungkap lewat laporan Truecaller Global Spam Report 2021. Menurut laporan tersebut, rata-rata pengguna smartphone di Brazil menerima 32,9 panggilan spam per bulan. Artinya, hampir setiap hari pengguna mendapatkan panggilan spam atau penipuan.

Inilah 10 Fitur Smartphone Terbaik Selama 2021

Sementara itu, Peru menempati posisi kedua dengan rata-rata 18,02 panggilan spam diterima pengguna dalam sebulan.

Peringkat untuk panggilan spam dan SMS spam terlihat berbeda jauh. Negara-negara di Afrika cenderung mengalami lebih banyak ancaman spam melalui SMS dibandingkan telepon.

Afrika Selatan menjadi salah satu negara paling banyak menempati spam di dunia. Mereka ada di posisi kelima pada 2017, keempat pada 2018, dan keenam pada 2019.

Sempat berada pada posisi yang baik di 2020 dengan menempati rangking 17, namun kembali lagi di posisi sepuluh besar (no 9) tahun ini.

Sementara itu, Amerika Serikat mengalami penurunan kasus spam yang sangat signifikan dengan menempati posisi terakhir tahun ini. Bahkan hampir keluar dari daftar 20 negara dengan ancaman spam tertinggi.

Dari 20 negara yang dirangkum dalam Truecaller Global Spam Report 2021, Brazil memang yang terparah. Sebab, angka spam rata-rata berkisar antara 4.5 - 6.7 panggilan spam setiap bulan.

Laporan ini merupakan analisis dari miliaran panggilan yang diterima pengguna Truecaller di seluruh dunia.

Pengguna Truecaller memiliki kesempatan untuk memberi nama nomor-nomor spam atau menandai telepon dengan identitas dan kategori bisnis yang sesuai.

Hal ini membantu Truecaller dalam menetapkan berbagai jenis panggilan spam. Dalam penyusunan laporan ini, tidak ada panggilan dan SMS yang direkam dan dibaca Truecaller. Seluruh data dikumpulkan secara anonim, dan tidak untuk dilacak oleh siapapun.

Indonesia sendiri merupakan satu dari dua negara dalam daftar (selain Vietnam) yang melaporkan panggilan spam sebesar dua kali lipat dari Januari - Oktober 2021.

Data menunjukkan bahwa total panggilan spam di Indonesia mencapai hampir 12,6 juta pada Januari, lalu meningkat menjadi lebih dari 25 juta pada Oktober 2021. Rata-rata pengguna Indonesia menerima 14 panggilan spam setiap hari.

Truecaller mengklaim telah mengidentifikasi 184.5 miliar panggilan dan 586 miliar pesan selama 2021. Diantara jumlah tersebut, 37,8 miliar dan 182 miliar pesan diidentifikasi dan diblokir sebagai spam.

Artikel Asli