Tiga Pekan Memakai Huawei Nova 9 Tanpa GMS, Gimana Rasanya?

Teknologi | sindonews | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 21:05
Tiga Pekan Memakai Huawei Nova 9 Tanpa GMS, Gimana Rasanya?

JAKARTA - Pembeli ponsel Huawei akan selalu khawatir soal ini: tidak ada Google Mobile Service (GMS) di ponsel terbaru Huawei nova 9. Bagaimana dampaknya? Adakah solusinya?

Apa sih yang dimaksud GMS? GMS adalah koleksi software dan API dari Google di smartphone Android. Dengan GMS, maka pengguna tidak hanya bisa mengakses toko aplikasi Google Play Store, tapi juga bisa menjalankan layanan Google seperti Gmail, YouTube, Google Search, Google Maps, dan lainnya.

Unboxing dan Kesan Pertama Mencoba Huawei nova 9

Maka wajar jika pengguna khawatir. Sebab layanan-layanan Google itu sangat dekat dengan kehidupan mereka.

Bergantung pada Huawei App Gallery

Tampilan Huawei App Gallery di Huawei nova 9. Foto-foto: Sindonews/Danang Arradian

Tanpa Google Play Store, maka kebutuhan aplikasi pengguna bergantung sepenuhnya di Huawei App Gallery.

Brand smartphone memang sudah punya toko aplikasi alternatif selain Google Play Store. Samsung punya Galaxy Store, Xiaomi punya Mi Store, ada Asus Store, dan juga Huawei App Gallery.

Pertanyaannya, seberapa lengkap toko aplikasi Huawei App Gallery? Jawabnya, walau tidak selengkap Google Play Store, tapi sudah sangat baik. Bisakah mengakomodir semua kebutuhan pengguna? Jawabnya bisa.

Secara keseluruhan, Huawei Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini terus agresif untuk berkolaborasi dengan developer dan berabagai perusahaan di Indonesia agar bisa menempatkan aplikasi mereka di Huawei App Gallery.

Itu sudah membuahkan hasil. Aplikasi-aplikasi perbankan sudah sangat lengkap. Begitupun e-commerce maupun layanan transportasi online.

Memanfaatkan Aplikasi GSpace

Nah, di Huawei App Gallery ada aplikasi istimewa yang disebut GSpace. GSpace ini semacam jembatan untuk terhubung dengan layanan-layanan Google dan Google Play Store.

Teorinya, dengan GSPace ini kita bisa menginstal semua aplikasi yang membutuhkan layanan GMS.

GSpace jadi solusi yang melegakan. Tapi, tetap ada tebusannya. Keamanan di GSpace tidak terjamin 100 persen. Lalu, setiap membuka aplikasi GSpace pasti ada iklan. Jika tidak mau melihat iklan, harus membayar.

Harus dicatat pula bahwa aplikasi yang kita unduh lewat GSpace ini berjalan di dalam GSpace. Agar lebih mudah di akses, maka kita bisa membuat shortcut sehingga aplikasi itu tampil di halaman muka (Home) ponsel nova 9. Sehingga tidak perlu lagi membuka aplikasi di jendela GSpace.

Selain itu, aplikasi GSpace juga belum sempurna. Sebab, terkadang kita bisa keluar tiba-tiba saat membuka beberapa aplikasi yang ada di Google Play. Meski, selama tiga pekan penggunaan hal itu sangat jarangn terjadi.

Solusinya, SINDOnews hanya mengunduh aplikasi di GSpace yang tidak ada di Huawei App Gallery saja.

Menonton Netflix dan Disney+ Hotstar

Untuk aplikasi streaming seperti Netflix dan Disney+ Hotstar tidak ada masalah sama sekali. Meski, aplikasi tersebut tidak ada di Huawei App Gallery. Kedua layanan streaming tersebut sangat lancar. Apalagi, Huawei nova 9 sudah dibekali layar AMOLED, 1B colour, dan sudah mendukung HDR.

Harmony OS

Penggunaan Huawei nova 9 sedikit berbeda dengan ponsel Android lainnya berkat Harmony OS.

Ada beberapa hal yang berbeda. Pertama, Harmony OS ini asik sekali. Terasa sangat lancar/smooth saat digunakan. Termasuk saat scrolling media sosial. Apalagi layar Huawei nova 9 sudah punya refresh rate 120 Hz.

Lalu, saat mengunduh aplikasi di Huawei App Gallery juga sangat cepat. Bahkan, lebih cepat dibanding mengunduh aplikasi di Google Play Store.

Chat di media sosial juga sama sekali tidak ada kendala. Bahkan, terkadang notifiaksi masuk lebih dulu di Huawei nova 9 dibandingkan ponsel Android lainnya dalam pengujian SINDOnews. Harmony OS adalah salah satu OS Android paling nikmat dan nyaman digunakan.

Rasa Flagship

Keunggulan lain dari Huawei nova 9 tentu saja karena fitur flagship yang dihadirkan. Terkadang, beberapa hambatan tanpa GMS itu seolah tertutup dengan kenikmatan memakai ponsel ini. Entah itu hardware maupun software.

Beberapa keunggulan yang dirasakan SINDOnews di ponsel Rp7,5 juta itu, antara lain prosesor Snapdragon 778 4G, kualitas kamera yang sangat baik, desain yang sangat premium, serta performa yang bisa menghempaskan game-game seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, Mobile Legend, bahkan Genshin Impact (penyetelan medium).

Kesimpulan menurut SINDOnews adalah tidak perlu takut untuk membeli Huawei nova 9 karena tidak ada GMS. Memang perlu sedikit upaya, tapi sangat mudah bagi pengguna untuk terbiasa. Dan setelah terbiasa, maka akan terasa nyaman untuk menikmati fitur-fitur dan keunggulan yang ditawarkan Huawei nova 9.

Artikel Asli