Bocoran Android 13, Bakal Usung Nama Tiramisu

Teknologi | limapagi.id | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 14:47
Bocoran Android 13, Bakal Usung Nama Tiramisu

LIMAPAGI - Versi stabil dari sistem operasi baru, Android 12, saat ini masih belum juga diluncurkan. Meski demikian, bocoran mengenai pengembangan Android 13 serta fitur-fiturnya sudah mulai terungkap.

Melansir XDA Developers , Minggu (26/12/2021) Android 13 akan hadir dengan mengusung tema Tiramisu. Ini merupakan lanjutan tradisi Google yang memberikan nama makanan penutup (desert) untuk OS Android.

Salah satu fitur yang dijanjikan Android 13 adalah opsi pengaturan bahasa berbeda di setiap aplikasi. Sebelumnya, Android hanya bisa mengaktifkan satu bahasa untuk pengaturan system-wide.

Fitur ini akan hadir dengan nama 'Panlingual' dan bisa diakses melalui menu App Language.

Selain itu, Google juga akan menyediakan izin akses baru untuk notifikasi. Fitur baru ini memungkinkan pengguna bisa memilih untuk mengizinkan aplikasi menampilkan notifikasi atau tidak.

Android 13 juga akan memperkenalkan fitur 'Android Flesouce Economy' yang dapat membantu pennguna menjaga keawetan baterai ponsel.

Fitur ini bisa memberikan kredit level baterai pengguna untuk menjalankan tugas tertentu. Semakin kecil daya baterai maka kredit yang diberikan untuk menggunakan aplikasi juga sedikit.

Meski banyak fitur baru yang hadir, tampilan antarmuka Android 13 terlihat tak mengalami banyak perubahan. Namun, karena masih tahap pengembangan, tak menutup kemungkinan ada pengembangan juga untuk tampilan utama.

Apabila sama dengan kebiasaan setiap tahunnya, kemungkinan Google akan menghadirkan Android 13 pada ajang Google I/O di musim gugur 2022.

Artikel Asli