Rusia Denda Google Rp1,3 Triliun dan Meta Rp385 Miliar Karena Konten Ilegal

Teknologi | okezone | Published at Minggu, 26 Desember 2021 - 08:15
Rusia Denda Google Rp1,3 Triliun dan Meta Rp385 Miliar Karena Konten Ilegal

PENGADILAN Rusia mendenda Google sebesar 7,2 miliar rubel atau sekitar Rp1,3 triliun dan Meta Platforms Inc. sebesar 2 miliar rubel atau Rp385 Miliar.

Melansir Bloomberg, Minggu (26/12/2021), denda tersebut merupakan jumlah nominal terbesar yang pernah ada, karena pihak berwenang meningkatkan tindakan keras terhadap perusahaan teknologi asing.

Denda tersebut diberikan kepada kedua raksasa teknologi tersebut karena gagal memenuhi perintah untuk menghapus konten. Menurut pengawas komunikasi federal, denda tersebut diberikan berdasarkan persentase dari pendapatan tahunan mereka di Rusia.

Meta

Google dan Meta dapat menghadapi lebih banyak denda jika mereka tidak menghapus konten yang dimaksud. Google mengatakan sedang mempelajari putusan tersebut dan kemudian akan menentukan langkah selanjutnya.

Rusia telah meningkatkan aturan mereka dengan perusahaan media sosial dan internet asing tahun ini. Hal ini dilakukan dalam apa yang disebut pemerintah sebagai kampanye untuk menegakkan kedaulatan digitalnya.

Regulator memungut denda dan memperlambat konten dalam upaya untuk memaksa perusahaan termasuk Google dan Twitter Inc. untuk menghapus posting yang mendorong protes tidak sah dan materi lain yang dianggap ilegal.

Pemerintah juga mendorong perusahaan teknologi untuk mematuhi undang-undang yang semakin ketat tentang pelokalan penyimpanan data.

Artikel Asli