Loading...
Loading…
Rahasia Aki Bebas Perawatan ini Diklaim Lebih Awet

Rahasia Aki Bebas Perawatan ini Diklaim Lebih Awet

Teknologi | gatra.com | Kamis, 09 Desember 2021 - 07:26

Jakarta, Gatra.com - PT Wacana Prima Sentosa melakukan pengembangan pada produk aki MF (Maintenance Free) Masiv Thunder. Selain tampil dengan kemasan baru, produk buatan Indonesia ini mengaplikasikan dua teknologi baru yang membuat kinerjnya lebih baik dari pendahulunya.

Improvement pertama adalah penggunaan xx plate technology yang meningkatkan daya stater ( high ampere cranking ). Kuncinya pada perubahan desain plat. Plat aki baru menggunakan desain center lug menggantikan desain side lug .Dengan desain baru, distribusi arus listrik menjadi lebih baik sehingga daya starter lebih tinggi.

Penyempurnaan kedua adalah peningkatan umur pakai. Agar umur pakai lebih lama, bahan baku yang dipakai dikombinasikan dengan special alloy untuk meningkatkan daya tahannya terhadap korosi. "Massiv menambahkan unsur timah putih (SN) untuk meningkatkan umum pakai baterai, kata Heru Darmawan, Quality Assurance Department Head PT Trimitra Baterai Prakarsa, saat memperkenalkan aki baru ini di Jakarta Rabu (8/12). .

Aki Masiv Thunder terbaru ini juga menerapkan teknologi expanded dalam proses pembuatan plat sehingga struktur timah lebih kuat. Karena pada akhir pemakaian secara natural plata akan mengembung. Struktur xpanded ini memungkinkan plat mengembung tanpa merusak jaringan didalamnya sehingga usia pakai bisa lebih lama.Teknologi n ini sebelumnya dipakai di aki yang lebih mahal.

Sambungan antar sel kini dibuat lebih kuat dengan mesin Automatic Small Part Casting sehingga connector lebih kuat dan tahan lama.

Secara teknis, umur pakai aki dinilai berdasarkan jumlah siklus pengisian. Jadi satu kali isi dan habis itu satu siklus. "Persyaratan yang diminta pabrikan otomotif adalah 6000 siklus pada suhu 75 derajad Celcius. Berdasarkan pengujian kami, aki Masiv Thunder bisa mencapai 6500 siklus," kata Direktur PT Wacana Prima Sentosa, Hadi. Namun secara awam, konsumen menilai usia pakai yang wajar adalah 12 - 14 bulan, tambah Hadi.

Aki baru ini direncanakan tersedia di jaringan diler pada Februari 2022 mendatang. Harganya akan diumumkan menjelang peluncurannya.

Original Source

Topik Menarik