Keren! Anak 9 Tahun Ciptakan Aplikasi yang Bisa Artikan Bahasa Tubuh Penderita Autis

Teknologi | sindonews | Published at Jumat, 26 November 2021 - 10:30
Keren! Anak 9 Tahun Ciptakan Aplikasi yang Bisa Artikan Bahasa Tubuh Penderita Autis

LONDON - Seorang bocah laki-laki berusia sembilan tahun memciptakan aplikasi untuk orang penderita autis. Aplikasi ini mampu mengartikan bahasa tubuh orang Autis.

Sean nama anak pencipta aplikasi itu, kini dapat membantu adiknya penderita autis Adam untuk berkomunikasi, Aplikasi itu tercipta berawal dari tujuannya membantu adiknya yang autis untuk berkomunikasi.

"Saya tahu bahwa jika saya tidak mengembangkan aplikasi ini, maka saya tidak tahu siapa akan mengetahui pemikirannya," kata Sean kepada ITV News seperti dilansir dari Metro, Jumat (26/11/2021).

Adam didiagnosis autis pada usia dua tahun dan jarang berkomunikasi secara verbal. Diperkirakan sekitar 25 hingga 30% orang autis berbicara sedikit atau tidak sama sekali.

Sean membuat aplikasi dengan memanfaat telnologi gelombang getaran, cara menggunakan aplikasi itu cukup mengetuk salah satu dari beberapa gambar, maka sebuah kalimat akan tertera di ponsel.

Hal ini tentunya memungkinkan seorang anak penderita autis, memberi tahu orang lain apa yang mereka butuhkan, seperti minuman atau perjalanan ke toilet.

National Autistic Society yang melihat bakat Sean mengatakan aplikasi ini mampu 'menghasilkan pidato digital' adalah jenis dukungan komunikasi augmentatif dan alternatif (AAC).

AACs menawarkan 'bentuk bahasa selain ucapan yang dapat membantu seseorang dalam interaksi sosial-komunikatif'.

Liam Porter, ayah Adam, menggambarkan upaya sebelumnya untuk memahami kapan dia menginginkan makanan atau terluka hanya sebagai 'tebakan'.

'' Aplikasi ini telah membuka lebih banyak pilihan untuk Adam. Setelah kami membuat aplikasi, dia meminta lebih banyak hal dan berkembang lebih cepat,'' tutur Liam.

Sean juga menerima pujian dari sekolahnya, dan diberi penghargaan oleh kepala sekolah untuk idenya yang 'benar-benar menakjubkan'.

McCann menulis di Twitter: "Saya telah mengatakan kepadanya untuk mengingat saya ketika dia kaya dan terkenal!"

Artikel Asli