Peringati Hari Guru, Google Doodle Tampilkan Lebah Warna-warni

Teknologi | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 10:23
Peringati Hari Guru, Google Doodle Tampilkan Lebah Warna-warni

LIMAPAGI - Ada yang spesial saat membuka laman pencarian Google. Pengguna akan disambut oleh Doodle dengan gambar lebah berwarna-warni. Google rupanya sedang memperingati Hari Guru yang jatuh tepat pada 25 November 2021.

Google tampak menampilkan seekor lebah besar berkacamata dan membawa buku. Lebah tersebut menjadi simbol seorang guru yang sedang mengajar.

Ada juga empat lebah kecil dengan satu ulat yang seolah menjadi murid-muridnya. Selain menggambarkan suasana belajar mengajar, deretan lebah dan ulat membentuk kata Google.

Saat Google Doodle di klik, pengguna akan diarahkan ke halaman yang menampilkan berbagai informasi mengenai Hari Guru.

Sejarah Singkat Hari Guru
Melansir dari situs resmi PGRI DKI, sejarah Hari Guru Nasional sendiri berawal dari Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) yang didirikan pada 1912. Nama tersebut selanjutnya diubah menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGI) di tahun 1932.

Perubahan nama dari PGHB menjadi PGI ini mengejutkan pemerintah Belanda, karena kata 'Indonesia' yang mencerminkan semangat kebangsaan sangat tidak disenangi oleh Belanda.

Pada zaman kependudukan Jepang, segala organisasi yang berkaitan dengan pendidikan mulai dilarang, sekolah ditutup, Persatuan Guru Indonesia (PGI) tidak dapat lagi melakukan aktivitasnya.

Namun, dalam Kongres Guru Indonesia pada 24-25 November 1945 di Surakarta, sekelompok organisasi dan guru-guru mulai bersatu untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Dari sinilah, pada 25 November 1945, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) didirikan.

Artikel Asli