Fitur Add Yours Dianggap Berbahaya, Ini Tanggapan Pakar

Teknologi | limapagi.id | Published at Kamis, 25 November 2021 - 08:16
Fitur Add Yours Dianggap Berbahaya, Ini Tanggapan Pakar

LIMAPAGI - Fitur 'Add Yours' di layanan Instagram Stories kini jadi perbincangan hangat warganet karena dianggap berbahaya.

Sebab, tak sedikit pengguna yang mengunggah foto atau kalimat merujuk pada informasi pribadi, seperti tempat tanggal lahir, alamat rumah, tanda tangan, nama panggilan, bahkan foto selfie dengan KTP.

"Fitur ini bisa diakses oleh siapapun secara publik. Bila seorang pelaku bisa mengumpulkan data itu semua, maka lebih besar peluangnya untuk berhasil melakukan aksi kejahatan siber," ujar Pratama Persadha, Pakar keamanan siber kepada Limapagi.id, Rabu (24/11/2021).

Tentunya akan banyak potensi bahaya yang bisa terjadi jika membagikan data pribadi di media sosial.

"Perlu diketahui, membagikan informasi pribadi di media sosial banyak bahayanya. Misal hanya mem-posting foto anak, bisa ada potensi penculikan," katanya.

"Tak hanya itu, melalui beberapa informasi pribadi saja peretas bisa bobol data perbankan. Sebisa mungkin orang jangan sampai dengan mudah mengetahui informasi pribadi," tambahnya.

Pratama menegaskan, warganet harus lebih waspada terhadap tren yang sekiranya merugikan diri sendiri maupun kelompok.

Menurutnya, fitur Add Yours ini tidak salah, warganet saja yang menggunakannya dengan cara cukup berisiko. Penggunaan media sosial perlu dibatasi agar data yang bersifat pribadi dan penting tidak ikut terekspos.

"Di sini pentingnya edukasi keamanan siber sejak dini, bukan hanya tentang virus dan malware. Kita harus tahu menghindari bentuk kejahatan tradisional yang menggunakan data dari internet untuk menunjang aksi penipuan siber dan peretasan," pungkas Pratama.

Artikel Asli