Hari Guru Nasional 2021, Google Doodle Rayakan dengan Kartun Lebah Lucu

Teknologi | okezone | Published at Kamis, 25 November 2021 - 07:49
Hari Guru Nasional 2021, Google Doodle Rayakan dengan Kartun Lebah Lucu

HARI Guru Nasional 2021 turut diperingati oleh Google Doodle. Di halaman mukanya, Google Doodle menampilkan animasi hewan-hewan seperti lebah dan ulat lucu yang sedang belajar. Tidak lupa terdapat tumbuhan-tumbuhan di sekitarnya.

Google Doodle Hari Guru Nasional 2021 ini tampak sangat ceria karena menampilkan kartun lebah lucu dengan warna-warna beragama dan cerah. Ekspresi hewan-hewan dalam gambar tersebut pun terlihat bergembira.

Dikutip dari laman pgri.or.id, Kamis (25/11/2021), peringatan Hari Guru Nasional tidak lepas dari sejarah Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Tahun 1994 jadi momen yang bersejarah bagi guru di Indonesia. Saat itu Presiden Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994 yang menetapkan hari lahir PGRI. Setiap 25 November diperingati sekaligus sebagai Hari Guru Nasional.

Ilustrasi Hari Guru Nasional. (Foto: Dede Kurniawan/Okezone)

Merunut ke belakang, lebih dulu berdiri persatuan organisasi perjuangan guru-guru pribumi pada zaman Belanda dengan nama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) pada 1912. PGHB beranggotakan kepala sekolah, guru bantu, guru desa, sampai perangkat sekolah lainnya. Keanggotaan mereka makin berkembang dan nasionalis. Tujuan didirikannya PGHB saat itu adalah untuk memperjuangkan nasib para anggota walaupun dengan latar pendidikan yang berbeda-beda.

Nama PGHB berubah menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) sekira dua dekade kemudian. Penambahan kata "Indonesia" mengejutkan serta menciutkan Pemerintah Belanda. Sebab, kata tersebut mencerminkan semangat kebangsaan.

Berawal dari situlah kesadaran kebangsaan dan semangat perjuangan kian memuncak. Keduanya mendorong para guru pribumi memperjuangkan persamaan hak serta posisi dengan pihak Belanda.

Artikel Asli