Apa itu Gerhana Matahari?

Teknologi | okeguys.com | Published at Kamis, 25 November 2021 - 04:01
Apa itu Gerhana Matahari?

OKEGUYS Gerhana matahari adalah sebuah fenomena alam yang sangat jarang terjadi. Lalu bagaimana bisa gerhana matahari terjadi?

Mungkin secara teori bulan lebih kecil daripada matahari, tetapi kenapa bulan bisa menutupi matahari? Hal ini karena disebabkan posisi bulan lebih dekat dengan bumi.

Berikut ini OKEGUYS akan membahas tentang apa itu gerhana matahari dan bagaimana fenomena tersebut bisa terjadi.

Fenomena Gerhana Matahari

gerhana matahari
Foto: Canva

Gerhana matahari merupakan suatu kejadian di mana posisi bulan terletak sejajar di antara bumi dan juga matahari.

Saat posisi tersebut terjadi, maka bayangan bulan akan jatuh ke bumi dan menutupi cahaya matahari, jadilah namanya gerhana matahari.

Pada posisi seperti ini, bulan akan menutupi cahaya matahari mulai dari sebagian hingga penuh. Dari cara bulan menutupi matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari yang harus kalian tahu Guys!

Gerhana Matahari Total (Total Solar Eclipse)

Fenomena ini terjadi saat matahari tertutup sepenuhnya oleh bulan. Pada kejadian tersebut, ukuran bulan bisa terlihat sama atau malah lebih besar daripada matahari.

Saat gerhana matahari total terjadi, suasana di bumi akan terasa gelap beberapa menit karena cahaya matahari yang tertutup total oleh bulan.

Ukuran piringan bulan dan matahari dapat berubah, tergantung pada posisi jarak bulan ke bumi dan juga matahari ke bumi.

Gerhana Matahari Sebagian (Partial Solar Eclipse)

Gerhana matahari sebagian terjadi saat bulan menutupi sebagian matahari. Pada kejadian tersebut, bagian dari matahari hanya tertutup sebagian saja oleh bulan.

Biasanya pada kejadian ini, durasinya akan lebih lama dibandingkan dengan gerhana matahari total. Hal ini disebabkan karena bayangan kabur bulan akan jauh lebih luas daripada bayangan inti.

Gerhana Matahari Cincin (Annular Solar Eclipse)

Gerhana matahari cincin terjadi saat pada puncak gerhana, bulan hanya menutupi sebagian dari seluruh ukuran matahari.

Pada fase ini, posisi bulan akan berada jauh dari bumi, jadi tidak semua areanya tertutup oleh matahari. Hal ini akan menyebabkan cahaya matahari terlihat seperti cincin.

Gerhana Matahari Campuran ( Hibrida )

Gerhana matahari campuran merupakan kejadian antara gerhana matahari total dan gerhana matahari sebagian.

Jadi pada sebagian permukaan bumi akan nampak gerhana matahari cincin dan sebagian lagi nampak gerhana matahari total.

Kejadian gerhana matahari campuran ini sangat jarang terjadi dan langka Guys!

Cara Aman Menyaksikan Gerhana

gerhana matahari
Foto: Unsplash/Adam Smith

Meskipun cahaya matahari tertutup oleh bulan dan tidak terlalu terang, tetap saja kalian tidak disarankan melihat langsung dengan mata telanjang.

Karena mata kalian bisa terkena radiasi dari sinar matahari secara langsung, dan itu sangat berbahaya. Berikut ini cara untuk melihat gerhana matahari dengan aman.

Itulah pengertian dari gerhana matahari, jenis dan cara aman untuk melihat kejadian tersebut. Semoga artikel di atas bisa membantu, terima kasih Guys!

Artikel Asli