SEA TALKS Webinar Series #7: Esports Sebagai Masa Depan Dunia Entertainment

Teknologi | upstation.asia | Published at Minggu, 14 November 2021 - 22:27
SEA TALKS Webinar Series #7: Esports Sebagai Masa Depan Dunia Entertainment

SEA TALKS Webinar Series road to SEACA 2021 akhirnya tiba di penghujung event -nya. Di mana pada hari Minggu (14/11), SEA TALKS membahas Esports: Masa Depan Dunia Entertainment sebagai tema terakhirnya.

AA8F3CEC-6A18-46F5-A0B6-B9D099649B2F

Webinar SEA TALKS hari terakhir ini mengundang beberapa panelist , termasuk Hartman Harris selaku Co-Founder dan CEO EVOS Esports, Ong Sau Wai selaku Head of Business Talent dan Produser Eksekutif dari EGG Network, dan Paul Phillip Sebastian selaku CMO Rumble Royale.

Perkembangan industri esports di wilayah Asia Tenggara (SEA) sedang menggebu-gebu satu dekade terakhir ini. Oleh karena itu, akan sangat menarik untuk mendengarkan pandangan ketiga narasumber ini mengenai masa depan esports wilayah SEA. Langsung saja!

C9F137E4-A775-4E3F-9F05-4E2223F2707A

Teknologi sebagai pendukung perkembangan esports

Sebagai seseorang yang sudah bergulir lama di dunia broadcasting , Wai berpendapat bahwa esports telah mempengaruhi seluruh media sebagaimana kita semua mengonsumsi kontennya.

Hal ini terutama didukung oleh perkembangan teknologi yang kian semakin pesat dan itu juga yang akan menjadi kunci utama bagi perkembangan esports di masa depan. Apalagi teknologi VR semakin ditelusuri lebih dalam belakangan ini. Akan sangat menarik bagaimana esports akan dihadirkan melalui teknologi tersebut.

Sementara itu, Harris merasa bahwa esports sudah tiba sebagai masa depan entertainment . Harris menyatakan kalau semuanya ini bisa terjadi berkat dukungan seluruh penggemar esports yang ada.

Mirip seperti Harris, Phillip merasa bahwa saat ini esports telah menjadi hal terbesar di dunia entertainment . Ia merasa esports akan menjadi bagian kehidupan normal ke depannya, di mana kita semua bisa menemukan bahwa setiap orang akan menyaksikan konten esports di mana pun dan kapan pun.

Pertumbuhan budaya esports di SEA

Dalam hal ini, Wai berpendapat bahwa penggemar esports di Asia Tenggara telah bertumbuh dewasa. Saat ini, mobile gaming memang masih merupakan yang terlaris. Namun, akhir-akhir ini Valorant yang merupakan gim PC pun sangat digemari di SEA. Pada akhirnya, esports merupakan gaming sebagai budaya, tak peduli apapun platformnya.

Harris dan Phillip juga sependapat dengan Wai. Harris mengatakan bahwa SEA, mulai menyadari bagaimana kebangkitan esports melalui mobile gaming akan menjalar ke gim lain secara general . Sementara Phillip menambahkan bahwa esports telah menjadi bagian kehidupan sehari-hari bagi para penggemar di belahan dunia manapun.

40B770CC-EBC8-4E71-B9B4-43FF0B0E233D

Sebesar apa esports kedepannya dan apa penyebabnya?

Pada fase ini, Wai berpendapat bahwa kita baru menyentuh sebagian kecil saja dari apa yang esports mampu hasilkan. Masih banyak lagi hal-hal lain yang bisa dilakukan menyangkut esports yang sudah menjadi seperti pop-culture. Dengan kata lain, seberapa besar esports nantinya tidak memiliki batasan dan tidak akan berakhir.

Phillip mengatakan bahwa tidak seperti olah raga tradisional yang tidak berevolusi, esports telah menjalar ke berbagai media entertainment lainnya. Banyak sekali serial dan film yang berdasarkan gim, di mana contoh terbarunya adalah serial Arcane yang diadaptasi dari gim League of Legends .

Apa yang Kamu butuhkan untuk Terjun ke dunia gaming dan esports?

Story telling akan menjadi hal terpenting utama ketika memasuki dunia gaming , ujar Wai.

Itu akan mencermikan kisah kamu dalam tiap konten. Seperti dalam esports , pastinya akan berfokus tentang kompetisi, sportmanship , passion , dan komitmen untuk menjadi yang terbaik.Membangun pendapat Wai, Harris dari EVOS juga menyampaikan bahwa organisasinya juga berawal dari story telling .

EVOS mulanya hanya fokus untuk menyampaikan tujuannya, kemudian perlahan-lahan mendapatkan prestasi dan pada akhirnya bisa sampai di titik ini. Harris juga menekankan bahwa prestasi bukanlah segalanya.

Philip menambahkan beberapa hal lainnya, seperti bagaimana ini bukanlah hal yang mudah. Selain story telling sebagai dasarnya, seseorang yang ingin terjun ke dunia esports terutama harus mau berlatih dan belajar, membangun dasarnya, dan kemudian selalu mengobarkan passion -nya tersebut setiap saat sehingga tidak mudah menyerah.

6DF88605-9C0A-4FE5-A532-FEBB71ED5318

Sudah sampai di manakah esports wilayah SEA dan bagaimanakah potensi esports sebagai entertainment?

Seperti di 2 poin sebelumnya, Wai berpendapat bahwa kita baru menyentuh sebagian kecil dari peluang bisnis esports . Secara pendapatan, ia mengatakan bahwa esports ini masih bertumbuh dan pandangan generasi muda-pemuda dewasa terhadap gaming juga mulai berubah.

Di mana memiliki prestasi sebagai pemenang kejuaran esports sudah seperti memiliki kendaraan mewah dan malah nilainya akan terus bertambah sampai banyak yang berinvestasi di dalamnya. Hal itu bisa dilihat dari penjelasan Harris mengenai EVOS yang semakin sering mendapat tawaran kerja sama atau investasi.

Harris menjelaskan bagaimana orang-orang saat ini tidak memandang harga suatu brand bila bersangkutan dengan tim esports favoritnya. Mereka akan segera memperolehnya selama itu akan membantu perkembangan timnya karena merasa terhubung dengan tim tersebut,

Philip juga menyebutkan bahwa bukan kategori esports saja yang mendapatkan pendapatan yang luar biasa. Bahkan banyak content creator , live-streamer sekaligus gamer yang sukses besar walaupun tidak memiliki sponsor. Intinya, banyak sekali cara untuk memperoleh pendapatan yang besar melalui industri gaming .

Industri gaming saat ini pun terus berkembang dan memperluas jangkauannya dengan kecepatan tinggi, di mana itu akan menjadi salah satu bisnis terbesar di setiap negara kelak.

Bagaimana cara meningkatkan esports di SEA?

Wai langsung menembak langsung dengan 2 kata, yaitu berpikiran terbuka. Di mana banyak orang yang awalnya melihat profesi gamer sebagai orang-orang malas. Sekarang? Industri gaming adalah salah satu bisnis besar yang tak bisa diremehkan.

Selain itu, Harris menambahkan bahwa kita masih membutuhkan lebih banyak lagi orang-orang bertalenta untuk menjalankan industri gaming menjadi lebih baik lagi. Itu dibutuhkan untuk menarik perhatian orang-orang dari profesi atau bidanglain ke industri ini.

Phillip juga mengharapkan untuk adanya sebuah guideline bagaimana seseorang memulai bisnisnya dalam esports . Di situ, kita akan menemukan orang-orang yang mempunyai passion untuk dunia gaming dan menjadi calon batu karang untuk perkembangan esports kedepannya.

Itulah keseluruhan SEA TALKS pada hari minggu kemarin. Kiranya itu bisa memberi pengetahuan lebih bagi yang berminat untuk menekuni terus bidang esports . Bagi kamu yang melewati serial webinar SEA TALKS yang berlangsung selama 3 hari ini, kamu bisa mengikuti ulang seluruh webinarnya di channel YouTube UniPin Gaming.

Sampai jumpa di SEACA Major pada 19-21 November 2021 !


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungi UniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTube UniPin Gaming untuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:

Facebook: UP Station Indonesia

Youtube: UP Station Media

Twitter: @Upstationasia

Instagram: @upstation.asia

Yuk gabung di grup Discord kami!

Discord: UniPin Official Community

Artikel Asli