Tantangan yang Semakin Kompleks, Kapolri Bakal Jadikan Dankorbrimob Bintang Tiga

Teknologi | rmol.id | Published at Minggu, 14 November 2021 - 15:05
Tantangan yang Semakin Kompleks, Kapolri Bakal Jadikan Dankorbrimob Bintang Tiga

RMOL.Fluktuasi pandemi Covid-19 yang harus dikendalikan, penegakan prokes lalu persoalan kamtibmas menjelang tahapan Pemilu 2024 yakni Pileg, Pilkada dan Pilpres yang diprediksi menimbulkan eskalasi tinggi menjadi tantangan kompleks ke depan yang harus dihadapi dan dipersiapkan.

Oleh karena itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyampaikan saat ini pihaknya tengah melakukan restrukturisasi organisasi dan pengembangan Korps Brimob Polri dalam rangka menjawab tantangan-tantangan yang semakin kompleks tersebut.

Dengan membangun tambahan pasukan Pelopor, di Indonesia Barat, Indonesia Tengah, Indonesia Timur dan di Ibu Kota negara. Sehingga pada saat terjadi situasi kamtibmas yang bersekalasi meningkat maka personel-personel kita akan bisa lebih cepat untuk melakukan langkah-langkah di lapangan, ini tentunya saat ini sedang berproses, kata Kapolri usai hadiri HUT Brimob ke-76 di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Minggu (14/11).

Dengan pengembangan organisasi ini, Kapolri akan menambah beberapa jenderal di dalam korps brimob serta meningkatkan jabatan Komandan Korps Brimob (Dankorbrimob) dari jenderal bintang dua menjadi jenderal bintang tiga.

Dengan pengembangan ini akan kita tingkatkan kita dorong, tambahan untuk beberapa bintang dan juga Dankorbrimob sendiri akan kita tingkatkan untuk menjadi bintang tiga karena tugas dan tanggung jawabnya yang semakin berat, tandas Kapolri.

Kapolri menegaskan, hal ini dilakukan semata-mata untuk memberi respon cepat terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di lapangan sekaligus untuk memberi pelayanan terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan kehadiran brimob dalam menghadapi situasi dan eskalasi kamtibmas yang meningkat. Maupun, lanjut Kapolri kegiatan-kegiatan yang membutuhkan kehadiran brimob dalam operasi kemanusiaan.

Agar betul-betul kita bisa laksanakan, kita implementasikan sebagai repsesentasi kehadiran negara pada saat masyarakat membutuhkan dan memerlukan, pungkas Kapolri. []

Artikel Asli