Ini Alasan Valve Tunda Pengiriman Steam Deck hingga 2022

Teknologi | limapagi.id | Published at Kamis, 11 November 2021 - 15:00
Ini Alasan Valve Tunda Pengiriman Steam Deck hingga 2022

LIMAPAGI - Valve telah menunda peluncuran Steam Deck selama dua bulan. Perangkat hiburan genggam itu kini direncanakan mulai dikirimkan sekitar Februari 2022 dari rencana sebelumnya pada Desember tahun ini.

Perusahaan mengungkapkan bahwa alasan penundaan karena krisis semikonduktor global yang sedang berlangsung.

"Kami minta maaf tentang ini. Kami melakukan yang terbaik untuk mengatasi masalah rantai pasokan global, tetapi karena kekurangan bahan, komponen tidak mencapai fasilitas manufaktur kami tepat waktu untuk memenuhi tanggal peluncuran awal kami," kata Valve, dikutip Engadget.

Bagi mereka yang sudah melakukan pre-order atau memesan Steam Deck, mereka tetap berada dalam jalur reservasi. Perusahaan akan menginformasikan estimasi pengiriman sesegera mungkin setelah pengumuman hari ini.

Seperti diketahui, Steam Deck tampak berperan seperti perangkat PC mini dengan kinerja kira-kira setara dengan PS4. Perangkat ini menggunakan SteamOS, sistem operasi Linux khusus dan pemain bisa menginstal Windows di Steam Deck.

Steam Deck mampu menjalankan game PC terkini di setting grafis medium hingga high dengan frame rate cukup lancar. Beberapa judul game, seperti Apex Legends, Destiny 2, PUBG, Fortnite, dan Gears 5 bisa bekerja dengan baik di Steam Deck.

Melansir dari The Verge, Steam Deck didukung dengan GPU AMD kustom yang memberi daya delapan RDNA 2 CU, dan kinerja hingga 1,6 teraflops. Kinerja itu lebih dari Xbox One S yang hanya 1,4 teraflops, dan sedikit kurang dari PS4 1,8 teraflops.


Artikel Asli