5 Situs untuk edit foto di browser, bisa hemat memori laptop dan HP

Teknologi | brilio.net | Published at Kamis, 11 November 2021 - 14:45
5 Situs untuk edit foto di browser, bisa hemat memori laptop dan HP

Brilio.net - Editor foto atau aplikasi pengedit foto adalah salah satu kategori pada internet yang diciptakan untuk mereka yang hobi menggambar. Seiring majunya teknologi, fitur-fitur dari aplikasi ini tentu makin rumit karena tools yang diberikan juga makin berkembang banyak.

Dengan fitur yang semakin berkembang, tentu size atau ukuran file dari aplikasi tersebut juga akan semakin bertambah. Sehingga, selain harus mempelajari tools dari aplikasi tersebut, pengguna juga harus memikirkan kapasitas memori mereka sebelum mengunduh dan menginstal aplikasi-aplikasi menggambar.

Namun tahukah Sobat Brilio bahwa ada situs atau laman khusus untuk menggambar tanpa harus melewati proses instalasi? Tentunya hal ini akan mempermudah bagi mereka yang hobi menggambar untuk mengotak-atik fitur yang diberikan di laman tersebut.

Dihimpun brilio.net dari beragam sumber pada Kamis (11/11), berikut lima situs untuk mengedit gambar, hanya cukup buka dari browser.

1. Pixlr E.

foto: Pixlr

Pixlr telah lama memberikan fitur Photoshop bagi mereka yang tertarik untuk edit foto. Tak hanya melalui aplikasi, pengalaman edit foto juga tak kalah canggih jika pengguna akses di browser. Tools yang disediakan Pixlr E juga termasuk lengkap, yakni heal, blur, memotong atau crop, hingga fitur memberikan efek bokeh dan liquify.

2. Canva.

foto: Canva

Selain bagus untuk desain grafis, Canva juga bisa dijadikan untuk mengedit gambar, lho. Terlebih, Sobat Brilio bisa menikmati fitur edit gambar dari aplikasi ini tanpa harus menginstal aplikasinya, melainkan cukup akses browser web dari PC maupun smartphone kamu.

Dengan Canva, kamu bisa menyunting foto dengan meningkatkan tingkat kecerahan, contrast, warna, hingga memberikan filter pada gambar.

3. Photopea.

foto: Photopea

Di antara situs-situs untuk edit foto yang direkomendasikan, mungkin Photopea adalah situs yang tercanggih nan terumit untuk digunakan. Dengan Photopea, pengguna dapat mengakses tools seperti magic wand atau filter yang disediakan.

4. Adobe Photoshop.

foto: Adobe

Siapa yang tak kenal Adobe? Pengguna Windows tentu mengetahui aplikasi serba guna ini. Kini Adobe Photoshop sudah tersedia versi web, lho. Namun, yang baru dirilis adalah versi beta dahulu.

Bahan atau tools yang ada di Adobe Photoshop meliputi fitur memotong gambar, spot healing, fitur untuk menambahkan teks, hingga eraser. Dikarenakan aplikasi ini masih berkembang di web, masih ada fitur yang belum lengkap seperti tools untuk meningkatkan kecerahan dan kontras.

5. Google Photos.

foto: Google

Pengguna Android tentu sudah tak asing dengan Google Photos. Google Photos juga termasuk situs untuk edit foto yang simpel. Dengan Google Photos, pengguna setidaknya cukup menyunting foto untuk mengganti filter, warna, kontras, hingga tingkat pencahayaan pada gambar.

Artikel Asli