Cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi, cepat dan tidak ribet

Teknologi | brilio.net | Published at Kamis, 11 November 2021 - 13:45
Cara membuat stiker WhatsApp tanpa aplikasi, cepat dan tidak ribet

Brilio.net - WhatsApp atau biasa disingkat WA adalah salah satu media untuk mengirim pesan terpopuler di Indonesia. Pengunduhnya pun telah mencapai lebih dari lima miliar pengguna. Selain banyak dipakai warganet Tanah Air, WhatsApp juga terkenal hingga seluruh penjuru dunia.

WhatsApp memudahkan penggunanya dalam mengirimkan pesan teks, foto atau gambar, suara atau voice mail, hingga video. Tak hanya itu, seiring berkembangnya WhatsApp selama 12 tahun, kini WhatsApp mengadakan fitur untuk penggunanya bisa saling berkirim stiker.

Namun tahukah Sobat Brilio bahwa selain pengguna bisa mengirim stiker yang disediakan dari WhatsApp, ternyata pengguna pun juga bisa membuat stiker WhatsApp sendiri, lho. Hal ini tentu membantu pengguna berkreasi dan menuangkan ide sehingga dapat memperoleh stiker-stiker yang unik.

Pembuatan stiker untuk WhatsApp ada dua cara, yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa bantuan dari aplikasi tambahan. Tentu saja dengan tidak mengunduh aplikasi tambahan untuk membuat stiker dapat membantu menguras kapasitas memori internal pengguna.

Nah, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (11/11), inilah panduan detail membuat stiker WhatsApp tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

1. Pilihlah foto yang hendak dijadikan stiker. Foto bisa berasal dari hasil screenshot atau tangkapan layar yang hendak dijadikan stiker.

2. Edit foto tersebut dengan menghapus background gambar tersebut. Hal ini akan membuat stiker kamu jadi lebih estetik. Untuk menghapus background, kamu bisa menggunakan aplikasi Adobe Photoshop atau Background Eraser pada ponsel pintar.

3. Ketika gambar sudah disunting, jangan lupa untuk menyimpan file gambar tersebut. Disarankan, simpan gambar dengan format PNG, JPG, dan WEBP.

4. Setelah itu, buka website untuk membuat stiker WhatsApp, bernama WA Sticker. Untuk lebih cepat bisa klik link berikut https://wasticker.app.

foto: WA Sticker

5. Di tengah laman, pilih Select Image untuk memilih gambar.

6. Cari dan pilih gambar yang telah diedit dan ingin dijadikan Stiker. Jangan lupa, format gambar harus dengan JPG, WEBP, dan PNG ya.

7. Kamu juga bisa membuat stiker animasi yang bergerak. Untuk membuat ini, gunakan dengan format GIF.

8. Setelah gambar sudah dipilih, isi kolom WhatsApp Number dengan mengisi nomor WhatsApp kamu. Karena berada di Indonesia, jangan lupa cantumkan kode negara kita, ya (+62).

9. Jika sudah mengisi kolom nomor, lanjutkan dengan mengklik "Create."

10. Laman tersebut akan memproses pembuatan stiker kamu. Jadi, tunggu saja hingga selesai.

11. Jika proses selesai, ada tampilan yang menginformasikan bahwa pesan stiker terkirim, untuk itu periksalah aplikasi WhatsApp kamu.

12. Tekan Save untuk menyimpan stiker baru tersebut.

13. Setelah itu, pilih opsi "Tambahkan ke Favorit". Proses selesai, kini kamu bisa memakai stiker hasil kreasi sendiri. Cukup mudah bukan?

Artikel Asli