YouTube Resmi Sembunyikan Jumlah Dislike! Apa Alasannya?

Teknologi | upstation.asia | Published at Kamis, 11 November 2021 - 11:26
YouTube Resmi Sembunyikan Jumlah Dislike! Apa Alasannya?

Beberapa waktu lalu, YouTube mengumumkan tengah mencoba menerapkan eksperimen baru di platformnya yaitu menyembunyikan jumlah dislike (tidak suka atau logo jempol ke bawah). Hal tersebut disampaikan oleh Youtube di dalam blog resminya.

Hal ini dilakukan YouTube bedasarkan banyaknya masukan dari para YouTuber tentang jumlah angka dislike pada video bisa memberikan dampak negatif bagi para content creator . Bahkan jumlah dislike juga bisa membuat kampanye propaganda untuk menyerang si YouTuber.

In response to creator feedback around well-being and targeted dislike campaigns, we're testing a few new designs that don't show the public dislike count. If you're part of this small experiment, you might spot one of these designs in the coming weeks (example below!). pic.twitter.com/aemrIcnrbx

YouTube (@YouTube) March 30, 2021

Menanggapi masukan kreator seputar kesehatan dan kampanye tidak suka bertarget, kami menguji beberapa desain baru yang tidak menunjukkan jumlah dislike ke publik. Jika Anda adalah bagian dari eksperimen kecil ini, Anda mungkin melihat salah satu desain ini dalam beberapa minggu mendatang, tulis YouTube di akun Twitter-nya tersebut.

Dengan berlakunya kebijakan ini, para penonton YouTube pun tidak bisa lagi melihat jumlah dislike pada sebuah video. Namun, seperti gambar yang ditunjukkan pada akun Twitter diatas tombol dislike tidak sepenuhnya hilang dari YouTube.

Kamu masih bisa melihat icon dislike dan memencetnya apabila tidak suka dengan konten yang disajikan. Namun setelah kamu klik, angka jumlah dislike tersebut tidak akan muncul sehingga tidak kamu ketahui berapa banyak orang yang juga tidak menyukai video tersebut.

Jumlah orang yang meng- dislike hanya bisa dilihat oleh sang konten kreator melalui halaman YouTube Studio. Sementara untuk jumlah likes (suka/jempol ke atas) masih normal seperti biasa dan tetap bisa dilihat jumlahnya oleh penonton.

Kebijakan baru dari YouTube ini kabarnya akan mulai diterapkan di platform mereka secara bertahap ke beberapa pengguna di beberapa negara. Tidak dijelaskan secara detail negara apa saja yang segera bisa menjajal fitur ini atau kapan bisa dinikmati di Indonesia.

Mari kita tunggu saja ya kapan fitur ini akan diterapkan secara global oleh YouTube. Bagaimana menurut kamu? Apakah setuju dengan dihilangkannya jumlah dislike ini?


Bagi kalian yang mau top-up game kesayangan kalian bisa langsung kunjungiUniPin! Proses cepat dan harga murah! Subscribe channel YouTubeUniPin Gaminguntuk nonton konten game menarik.

Follow akun sosial media kami di:
Facebook: UP Station Indonesia
YouTube: UP Station Media
Twitter: @Upstationasia
Instagram: @upstation.asia

Yuk gabung di grup Discord kami!
Discord:UniPin Official Community

Artikel Asli